Cara Menjual Barang Kerajinan Ke Luar Negeri dengan Etsy

Cara Menjual Barang Kerajinan Ke Luar Negeri dengan Etsy - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada artikel kali ini, saya akan membahas sedikit tentang cara menjual barang kerajinan ke luar negeri dengan Etsy. Tahukan teman-teman, bahwa sebenarnya kita bisa menjual barang kita sendiri ke luar negeri dengan mudah. Sekarang sudah ada salah satu marketplace internasional yang memungkinkan kita menjual barang ke luar negeri, terutama barang kerajinan buatan sendiri atau handmade.

cara-jualan-di-Etsy
Cara Jualan di Etsy

Daftar Isi

Apa itu Etsy?

Etsy adalah sebuah marketplace atau tempat para penjual menjajakan barang dagangannya secara online yang bersifat internasional. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menjual suatu barang ke negara lain. Dalam hal ini, Etsy lebih mengkhususkan barang-barang handmade atau kerajinan tangan untuk bisa dijual di platform Etsy tersebut. Jadi, barang-barang buatan pabrik seperti misalnya barang elektronik, mainan buatan pabrik, alat rumah tangga plastik buatan pabrik, umumnya tidak bisa dijual di sini. Tidak seperti marketplace internasional lain, misalnya amazon atau ebay, yang memungkinkan kita menjual barang apapun.

Baca Juga:

Pengalaman Jualan di Etsy Part 1

Pengalaman Jualan di Etsy Part 2

Pengalaman Jualan di Etsy Part 3

Saat ini, Etsy juga telah mendukung mata uang Rupiah Indonesia dalam transaksinya. Sehingga, kita dengan mudah mengatur harga dalam rupiah dan akan otomatis dikonversi ke dollar jika pembeli membeli dari negara Amerika (atau mata uang lain yang didukung sesuai lokasi pembeli). Penarikan uang di Etsy juga cukup mudah. Teman-teman bisa menghubungkan kartu kredit atau debit (terutama BTPN Jenius, karena saya menggunakan ini) teman-teman untuk menerima pembayaran langsung ke akun bank.

Kelebihan Berjualan di Etsy

Setelah saya menjelaskan secara singkat apa itu Etsy, kita mungkin sudah bisa menebak kelebihan berjualan di Etsy.

Pertama, kita dapat memasarkan barang kerajinan tangan kita ke luar negeri dengan mudah. Kita tidak perlu repot mencari klien atau harus membuat kerja sama dengan pihak luar negeri karena barang yang kita jual langsung kita pasarkan ke pembeli yang mana adalah masyarakat umum.

Kedua, calon pembeli di Etsy lebih menghargai barang-barang kerajinan tangan. Karena Etsy dibuat khusus untuk menjual barang kerajinan, para pembeli di Etsy rela menghabiskan sejumlah uang untuk membeli sebuah kerajinan yang mereka suka.

Ketiga, karena pembeli di Etsy akan rela menghabiskan sejumlah uang jika melihat barang yang mereka suka, teman-teman bisa membuat harga lebih tinggi dibanding jika dipasarkan di dalam negeri. Apalagi barang-barang teman-teman akan dibeli orang dari negara-negara maju yang notabene biaya hidupnya di atas kita.

Keempat, jika tidak memiliki kerajinan tangan, teman-teman bisa menjual produk digital. Bisa desain hiasan dinding, desain stiker, undangan, kaos, dan lainnya. Jadi, teman-teman yang tidak punya usaha tidak perlu khawatir.

Baca Juga: 15+ Cara Mencari Uang dari Internet

Kekurangan Berjualan di Etsy

Selain kelebihan-kelebihan yang ada, kekurangan berikut juga perlu menjadi pertimbangan.

Pertama, jika menjual barang fisik, ongkos kirim ke luar negeri cukup tinggi. Ya, di sini, kita perlu pintar mencari jasa pengiriman yang terpercaya untuk mengirimkan ke luar negeri dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga, teman-teman tetap bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat berjualan.

Kedua, berjualan di Etsy tidak gratis. Akan ada biaya listing untuk setiap listing sebesar USD 0,2 yang dibayarkan tiap empat bulan. Selain itu, setiap barang terjual akan dikenakan pajak. Serta, setiap barang terjual harus membayar lagi USD 0,2 sebagai biaya perbaruan listing. Apalagi, jika kita memilih opsi off site ads, di mana barang kita dipromosikan di luar Etsy oleh sistem Etsy. Setiap barang terjual dari iklan off site ads akan mendapatkan potongan pajak yang cukup besar. Oleh karena itu, pintarlah dalam menentukan harga. Teman-teman bisa buka Kalkulator Etsy Indonesia AwResume yang saya buat untuk memudahkan teman-teman dalam menentukan harga.

Ketiga, saingan banyak jika bermain di market yang sudah jenuh. Pilihlah market yang tidak terlalu ketat persaingannya. Buat gambar dan tulisan judul semenarik mungkin.

Cara Berjualan di Etsy

Di sini saya akan memberikan gambaran umum cara berjualan di Etsy. InsyaAllah saya akan menuliskan langkah-langkah membuka toko di Etsy pada artikel berikutnya.

Untuk memulai berjualan di Etsy, saya sarankan untuk menyiapkan hal-hal berikut agar membuka toko lebih mudah:

Satu, siapkan barang yang akan dijual. Untuk bisa membuka toko, minimal kita diminta untuk mengunggah satu buah produk. Produk difoto terlebih dahulu semenarik mungkin dari berbagai sisi. Minimal siapkan satu buah barang. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika teman-teman sudah menyiapkan banyak barang untuk dijual.

Dua, buat template deskripsi produk. Sebelum mengunggah produk, lebih baik menyiapkan deskripsi produk tersebut terlebih dahulu, agar teman-teman tidak perlu berpikir lagi saat sedang membuat listing, tinggal mengubah judul dan sedikit tulisan ketika ingin membuat listing-listing yang lain.

Tiga, siapkan kartu Debit BTPN Jenius. Kartu ini sangat memudahkan kita melakukan transaksi secara internasional. Untuk bisa membuka toko, kita harus menghubungkan kartu kredit atau debit VISA, kartu Jenius lah yang saya rekomendasikan. Jika belum punya, bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mendownload aplikasi Jenius di Playstore.

Setelah tiga komponen penting tadi kita siapkan, teman-teman bisa memulai membuka toko melalui mendaftar di website Etsy. Setelah semua proses pendaftaran komplit, teman-teman bisa langsung berjualan atau menambah produk yang lain.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online dari Rumah

Penutup

Demikianlah artikel singkat mengenai cara menjual barang di Etsy. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Setiap orang mungkin akan merasakan kelebihan dan kekurangan dari Etsy yang berbeda-beda dan itu saya hargai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai menjual barang ke luar negeri dari rumah saja.

Jangan lupa share jika teman-teman pikir artikel ini bermanfaat dan semua orang wajib tahu. Jangan lupa baca juga artikel saya lainnya, hanya di AwResume. 

5 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

  1. Terimakasih atas artikelnya.
    Sangat bermanfaat untuk saya yang berminat berjualan di Etsy 🥰

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Halo kak, mau tanya dong kalau misalkan kita jual barang non fisik itu bisa ga ya? Apakah nanti bntuknya akan berupa mengirim file atau bagaimana? Terima kasih! :D

    ReplyDelete
  4. Mba kalau misal kita jualan produk terus yg beli orang luar bea kirim nya berap?

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post