Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online Terbaru

Cara Daftar Kartu Prakerja Secara Online - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam tulisan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah pendaftaran kartu Prakerja. Langkah-langkah ini saya usahakan buat secara detil agar teman-teman atau pembaca, yang mungkin belum paham, bisa mengikuti dan memahami lebih detil. Saya memberikan gambar juga sebagai alur langkah yang bisa teman-teman ikuti. Gambar-gambar ini adalah gambar pendaftaran dari salah satu kerabat saya, bukan saya sendiri, karena saya sudah menerima di gelombang pertama.

cara-daftar-kartu-prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja

Sebelumnya, saya sudah menuliskan artikel tentang Pengertian Kartu Prakerja, Manfaat, dan Kekurangan Kartu Prakerja. Alangkah baiknya, sebelum memulai pendaftaran kartu Prakerja ini, teman-teman bisa membaca terlebih dahulu artikel tersebut, agar lebih paham bagaimana cara kerja Kartu Prakerja terlebih dahulu.

Daftar Isi

Apa Itu Kartu Prakerja

Meskipun saya sudah menuliskan artikel khusus tentang pengertian kartu Prakerja, di sini, saya akan memberikan penjelasan singkat saja mengenai apa itu kartu Prakerja. Program kartu Prakerja adalah sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah, yaitu Kementerian Tenaga Kerja, untuk memfasilitasi masyarakat mengikuti pelatihan-pelatihan kerja untuk meningkatkan produktivitas, daya saing, serta keterampilan masyarakat. Program ini dikhususkan bagi para pencari kerja, pekerja, korban PHK, terutama yang terdampak pandemi Covid-19 ini untuk bisa meningkatkan keterampilan dalam dunia kerja.

Masyarakat yang mengikuti program kartu Prakerja akan mendapatkan dana dari pemerintah berupa dana pelatihan, insentif selama empat bulan, serta insentif tambahan setelah mengisi survey kartu Prakerja, yang totalnya mencapai Rp3.550.000. Teman-teman bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang kartu Prakerja untuk lebih detilnya.

Teman-teman juga dapat membeli pelatihan keterampilah melalui platform yang telah bekerja sama dengan kartu Prakerja. Oleh karena itu, pilhlah yang sesuai dengan minat teman-teman agar benar-benar akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari pelatihan tersebut.

Baca Juga: Cara Menjual Barang Kerajinan Ke Luar Negeri di Etsy

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sebelum mulai mendaftar kartu Prakerja, teman-teman juga perlu memperhatikan syarat-syarat agar dapat diterima di program kartu Prakerja ini.

Syarat yang perlu dipenuhi tersebut di antaranya teman-teman haruslah merupakan Warga Negara Indonesia. Dibuktikan dengan memiliki KTP WNI yang sah. Minimal, teman-teman berusia 18 tahun saat mendaftar. Lalu, teman-teman tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Setelah memastikan teman-teman memenuhi syarat ini, teman-teman bisa memulai pendaftaran.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Pertama, teman-teman buka terlebih dahulu website resmi dari program Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

Kedua, di halaman depan website, pilih tombol Buat Akun.

cara-daftar-kartu-prakerja
Halaman Depan Web Prakerja

Ketiga, isi form yang tersedia. Isi Alamat Email aktif teman-teman, lalu buat password yang akan digunakan untuk masuk akun Prakerja.

cara-daftar-kartu-prakerja
Isi Email dan Password

Keempat, teman-teman diminta untuk mengecek email teman-teman tadi untuk melakukan verifikasi Email

cara-daftar-kartu-prakerja
Cek Email

Kelima, cari email dari Prakerja, buka, lalu tekan tombol Verifikasi Sekarang

cara-daftar-kartu-prakerja
Verifikasi Alamat Email untuk Prakerja

Keenam, setelah akun berhasil diverifikasi, teman-teman kembali ke halaman website Prakerja.

Ketujuh, setelah berhasil login, teman-teman mulai melakukan Verifikasi KTP. Isikan Nomor KTP, Nomor KK, serta tanggal lahir teman-teman sesuai KTP.

cara-daftar-kartu-prakerja
Form Verifikasi KTP

Kedelapan, setelah berhasil lanjut, isikan data diri teman-teman sesuai KTP, seperti Alamat sesuai KTP dan gambar KTP. Siapkan foto KTP teman-teman. Sedikit trik agar tidak gagal saat unggah foto KTP untuk kartu Prakerja, biasanya yang diterima yang ukurannya tidak terlalu besar. Jika teman-teman memfoto langsung lalu diunggah, biasanya ukuran fotonya akan sangat besar dan gagal untuk diupload. Cara memperkecil ukuran foto untuk daftar Prakerja, kirim dahulu foto KTP teman-teman tadi melalui Whatsapp ke nomor lain, bisa ke nomor saudara atau teman terdekat. Lalu minta kirim balik foto tersebut ke teman-teman dan download. Foto dari Whatsapp tadi akan memiliki ukuran file lebih kecil dan tetap jelas saat diupload.

cara-daftar-kartu-prakerja
Form Data Diri

Kesembilan, teman-teman akan diminta memasukkan nomor aktif teman-teman. Pastikan nomor teman-teman aktif karena akan ada SMS kode OTP untuk verifikasi nomor telepon.

cara-daftar-kartu-prakerja
Form Nomor Telepon

Selesai sudah proses pendaftaran dan pembuatan akun Prakerja teman-teman. Tahap selanjutnya, akan ada pertanyaan yang harus teman-teman jawab secara jujur mengenai pekerjaan. Lalu, ada pula tes penetahuan umum dan motivasi kerja yang terdiri dari 27 soal yang harus teman-teman jawab dalam batas waktu tertentu. Tenang saja, tesnya tidak sulit, hanya butuh ketelitian saja.

cara-daftar-kartu-prakerja
Pertanyaan dan Tes Motivasi

Setelah melalui tes, teman-teman akan diminta untuk memilih Gelombang Pelatihan. Jika gelombang pelatihan sudah dibuka, maka teman-teman bisa memilih gelombang tersebut langsung. Jika belum buka, maka akan ada tulisan “Gelombang Tidak Ditemukan”. Jangan panik jika ada tulisan ini. Teman-teman hanya perlu bersabar sampai gelombang berikutnya dibuka. Cek selalu info terkini tentang pebukaan gelombang baru dan juga cek seccara berkala Dashboard Prakerja teman-teman.

Baca Juga: Macam-macam Cara Berjualan Online dan Contohnya

Penutup

Demikianlah artikel tentang Cara Daftar Kartu Prakerja secara Online. Semoga, teman-teman yang ingin mendaftarkan diri dapat lolos dan memanfaatkan kesempatan belajar ini dengan sebaik-baiknya.

Jangan lupa share jika teman-teman rasa tulisan ini bermanfaat dan semua orang harus tahu. Baca juga artikel saya lainnya yang insyaAllah tidak kalah bermanfaat, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post