Cara Daftar Shopee Food Merchant secara Online

Cara Daftar Shopee Food Merchant secara Online - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan langkah-langkah cara mendaftar ShopeeFood merchant secara online. InsyaAllah, ini akan bermanfaat bagi teman-teman yang ingin terjun ke usaha kuliner dari rumah, maupun yang sudah memiliki usaha, namun belum mendaftarkan diri di Shopee Food.

cara-daftar-shopee-food-merchant-online
Cara Daftar ShopeeFood Merchant

Saat ini, usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, apalagi ketika teknologi semakin maju. Karena, kita dapat mempromosikan usaha kita ke lebih banyak orang. Zaman ini, memulai usaha kuliner tidak selalu harus memiliki warung makan, stand, atau gerobak. Teman-teman pun bisa memulainya dari rumah saja. Karena, pembeli tidak harus datang untuk membeli, tapi bisa memesan secara jarak jauh secara online.

Daftar Isi

Apa itu Shopee Food?

Ada beberapa penyedia layanan pesan antar makanan yang beroperasi saat ini, salah satunya yang baru ialah Shopee Food. Shopee Food adalah salah satu layanan antar makanan dari merchant atau restoran, atau penjual yang terdaftar di sistem Shopee kepada pelanggan yang memesan.

Awalnya, Shopee adalah salah satu website marketplace barang yang cukup besar yang beroperasi di Indonesia. Sudah banyak penjual yang terbantu dengan adanya marketplace ini untuk mengembangkan usaha jual belinya. Sekarang, Shopee sepertinya ingin ekspansi ke bisnis delivery makanan seperti pendahulunya, GrabFood dan GoFood, serta karena di masa pandemi ini, banyak yang memanfaatkan jasa antar makanan.

Baca Juga: 15+ Ide Usaha Rumahan Terbaru

Apa yang Perlu Disiapkan Untuk Mendaftar Sebagai Shopee Food Merchant?

Bentuk Usaha Perseorangan (Individual)

  1. KTP / KITAS, ini adalah KTP milik teman-teman sendiri
  2. SPPKP, ini adalah akronim dari Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Dokumen ini adalah surat tentang identitas dan kewajiban perpajakan PKP (Pengusaha Kena Pajak). Surat ini diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak
  3. NPWPD, ini singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah. Ini merupakan nomor seorang wajib pajak untuk pengurusan administrasi perpajakan daerah.
  4. Foto buku tabungan yang teman-teman miliki, untuk kepentingan pembayaran nantinya.

Bentuk Usaha Berbadan Hukum

  1. KTP / KITAS
  2. SIUP / TDUP, ini merupakan Surat Izin Usaha Perdagangan, untuk teman-teman yang memiliki usaha yang legal, tentu harus sudah memilikinya.
  3. NPWP, atau singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak.
  4. TDP / NIB, ini merupakan singkatan dari Tanda Daftar Perusahaan dan Nomor Induk Berusaha.
  5. Surat Keterangan Domisili (Jika berlokasi di luar Jakarta)
  6. Akta Pendirian
  7. NPWPD, Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  8. Foto buku tabungan

Cara mendaftar Shopee Food Merchant

Pertama, teman-teman harus mengisi formulir secara online terlebih dahulu. Formulirnya bisa teman-teman-akses di LINK INI (link daftar Shopee Food update terbaru 09/2021)

cara-daftar-shopee-food-merchant-online
Form Pendaftaran ShopeeFood Merchant

Kedua, setelah teman-teman membuka link tadi, teman-teman akan masuk ke formulir online.

Di awal formulir, teman-teman diminta untuk mengisi alamat Email teman-teman yang aktif. Pada bagian Masukkan Email aktif, isikan alamat email aktif teman-teman

Ketiga, teman-teman akan masuk ke bagian Data Diri Pemilik Usaha. Teman-teman diminta untuk mengisi:

  • Nama Lengkap, isikan nama lengkap teman-teman sesuai KTP.
  • Nomor Handphone, isikan nomor ponsel aktif.
  • Alamat email, isikan alamat email aktif.

Teman-teman harus mengisinya dengan jujur untuk keperluan verifikasi pendaftaran oleh pihak Shopee nantinya

Keempat, teman-teman akan menuju ke halaman mengenai ShopeePay Merchant. Teman-teman akan ditanya apakah sebelumnya sudah terdaftar sebagai ShopeePay Merchant atau belum. Untuk menjawab pertanyaan “Apakah sudah terdaftar sebagai merchant ShopeePay?” teman-teman bisa memilih Ya atau Tidak, sesuai keadaan teman-teman

Kelima, selanjutnya akan masuk ke bagian Tipe Pendaftaran ShopeeFood. Jika teman-teman baru ingin mendaftarkan, teman-teman bisa memilih Pendaftaran Baru.

Keenam, teman-teman akan mengisi bagian Lokasi Usaha. Teman-teman cukup memiih kota tempat usaha teman-teman berada, sesuai pilihan yang tersedia. Jika kota lokasi teman-teman tidak ada di pilihan, bisa pilih Other, lalu tuliskan kota usaha teman-teman

Ketujuh, berikutnya, teman-teman akan diminta mengisi baian Informasi Usaha. Di bagian ini akan ada beberapa pertanyaan terkait usaha kuliner teman-teman yang akan didaftarkan.

  • Nama Usaha / Restoran, diisi dengan nama Restoran atau Merk usaha teman-teman.
  • Jenis Usaha, diisi sesuai dengan jenis usaha teman-teman yang sebenarnya, apakah usaha Perseorangan atau PT (Perusahaan Terbatas))
  • Alamat Kantor Pusat, bisa teman-teman isi dengan alamat usaha teman-teman secara lengkap, dari nama jalan, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, hingga Provinsi.
  • Kota, isikan kota di mana usaha teman-teman berada, lalu Kode Pos diisi dengan kode Pos lkasi usaha teman-teman.

Kedelapan, teman-teman diminta mengisi bagian Kategori Usaha. Bagian Kategori usaha ini juga memiliki beberapa pertanyaan yang wajib teman-teman jawab secara jujur. Pertanyaan-pertanyaan itu di antaranya:

  • Status Kepemilikan, pilihlah sesuai dengan status kepemilikan sebenarnya usaha-yang teman-teman jalankan, apakah itu berupa Badan Usaha/Entity,  Franchise, atau Milik Sendiri.
  • Jumlah Outlet (cabang), isikan jumlah outlet restoran, rumah makan, atau usaha kuliner teman-teman jika memiliki lebih dari satu outlet. Jika hanya memiliki satu, tulis saja 1.
  • Bentuk Usaha, di sini teman-teman diminta memilih apakah bentuk usaha dari usaha kuliner teman-teman. Apakah usaha kuliner teman-teman merupakan Restoran/Rumah Makan, atau bisa juga berupa Catering Rumah (Home Industry), maupun juka teman-teman merupakan pedagang kaki lima yang berjualan menggunakan gerobak di pinggir jalan bisa memilih Usaha Mikro (Pedagang kaki lima)

Kesembilan, teman-teman harus mempersiapkan foto usaha temanteman untuk bagian Upload Foto Outlet. Hal ini wajib untuk menunjukkan bahwa teman-teman benar-benar memiliki usaha, dan inilah buktinya. Yang perlu disiapkan yaitu:

  • Tampak Depan (wajib), teman-teman pastikan fotonya jelas, serta nama, logo, atau gerobak dengan nama terlihat jelas di fotonya.
  • Dapur Produksi, ini tidak wajib, tapi pihak Shopee sangat menyarankan untuk memfoto dapur produksi beserta makanan yang teman-teman jual.

Kesepuluh, teman-teman akan masuk pada bagian Tim Shopee akan menghubungi Anda. Siapkan dokumen pendaftaran Partner ShopeeFood. Teman-teman dimohon untuk menyiap berbagai berkas verifikasi yang diperlukan, sama seperti yang telah saya tuliskan di awal. Pastikan semua berkas lengkap, jujur, dan sesuai agar proses verifikasi berjalan lancar ketika pihak Shopee menghubungi teman-teman.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Rumah

Kesebelas, teman-teman ada di akhir halaman formulir pendaftaran, yaitu Konfirmasi Pendaftaran. Teman-teman akan ditanya tentang dari mana tahu pendaftaran merchant ini. Isilah sesuai keadaan teman-teman. Setelah itu, Konfirmasi YA, dan Submit formulirnya.

Setelah selesai, teman-teman tinggal bersabar menunggu dihubungi oleh pihak Shopee untuk proses verifikasi selanjutnya Semoga teman-teman bisa lolos.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Cara Daftar Shopee Food Merchant secara Online. Semoga, ini bisa bermanfaat bagi teman-teman, dan bisa membantu dalam memulai usaha dari rumah teman-teman, terutama yang ingin masuk ke bisnis kuliner.

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang kerja di rumah, tips dan trik, serta tutorial-tutorial, hanya di AwResume

 

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post