15+ Cara Dapat Uang dari Internet - Macam-macam Pekerjaan Online (Terbaru 2021)

15+ Cara Dapat Uang dari Internet dan Macam-macam Pekerjaan Online - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan membahas tentang cara dapat uang dari internet serta jenis pekerjaan online apa saja yang bisa dilakukan teman-teman dari rumah saja. Sebelumnya, saya telah menuliskan tentang Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah. Jika teman-teman belum baca, bisa baca artikel tersebut terlebih dahulu, agar bisa menjadi pertimbangan teman-teman untuk kerja dari rumah.

Selanjutnya.

Mungkin teman-teman penasaran, pekerjaan apa saja sih yang bisa teman-teman lakukan untuk mendulang uang hanya dari rumah.

Sebelumnya, saya juga telah menuliskan tiga jenis pekerjaan dari rumah yang mungkin dilakukan, yaitu pekerjaan tetap, pekerjaan freelance, dan berjualan secara online (daring). Di sini, saya akan memberikan gambaran-gambaran tentang contoh pekerjaan yang bisa teman-teman lakukan untuk bekerja dari rumah saja, berdasarkan kategori yang saya buat tersebut.

Sekedar informasi, pekerjaan-pekerjaan yang saya tulis ini ada yang saya kerjakan saat ini, maupun ada yang saya tidak kerjakan, tapi saya sudah mencari banyak informasi.

cara dapat uang dari internet
Ilustrasi Kerja Online

Oke lanjut ke inti.

Berikut cara mendapatkan uang dari internet dan pekerjaan apa saja yang bisa teman-teman lakukan secara online. Semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman dan membuka pikiran teman-teman. Mungkin, ada banyak pekerjaan lain yang tidak saya sebutkan, teman-teman bisa mencari informasi lainnya.

Daftar Isi

Pekerjaan Tetap secara Online

Pekerjaan dari rumah tidak selalu pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya paruh waktu. Banyak juga pekerjaan tetap yang bisa dilakukan dari rumah. Pekerjaan-pekerjaan ini biasanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan memiliki kontrak kerja yang cukup ketat. Umumnya, pekerjaan ini sulit didapatkan, seperti yang telah saya jelaskan di artikel Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Tetap Jarak Jauh. Pekerjaan ini biasanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang memiliki kualifikasi tinggi. Membutuhkan pendidikan minimal perguruan tinggi di bidangnya, perlu bukti dari keahlian teman-teman, bahkan memerlukan pengalaman kerja sebelumnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kerja Tetap di Rumah

Macam-macam bidang pekerjaan tetap jarak jauh yang bisa teman-teman daftar di antaranya:

SEO Specialist. Seorang SEO bertugas menganalisa, mereview, dan mengimplementasikan strategi SEO kepada klien perusahaan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk teman-teman yang ahli di bidang SEO dan berpengalaman mengembangkan konten yang mengandung kata kunci untuk meningkatkan trafik website. Biasanya, pekerjaan ini menerima calon pekerja yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Data Engineer. Tugas dari pekerjaan ini di antaranya adalah menghubungkan pengembang website backend dengan analis data. Atau, mengintegrasikan data dengan sistem pihak ketiga milik perusahaan. Bergantung pada manual yang diberikan masing-masing perusahaan.

Graphic Designer. Banyak juga perusahaan besar yang membuka lowongan sebagai desainer grafis tetap bagi perusahaannya. Mungkin bisa sebagai ilustrator, desainer UI/UX, atau pekerjaan lain terkait desain grafis.

Web Developer (Backend dan Frontend Engineer). Tugasnya adalah untuk mengembangkan website perusahaan dan pengelolaannya. Biasanya, perusahaan meminta pemrograman web tertentu untuk kualifikasinya, misalnya perusahaan membutuhkan Frontend Developer di bidang pemrograman React.js, atau yang lainnya.

Software Engineer. Tugas dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab dalam pengembangan perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan. Tentu saja butuh keahlian yang tinggi untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini.

Customer Support. Tugas dari pekerjaan ini sama seperti seorang Customer Service. Orang yang bekerja di pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menghadapi keluhan pelanggan mengenai produk perusahaan tersebut, seperti membalas pesan email, telepon, atau menganalisis masalah pelanggan dan memberikan solusinya.

Social Media Manager. Tugas pekerja di pekerjaan ini adalah bertanggung jawab mengelola sosial media dari perusahaan. Serta mengatur strategi untuk mengembangkan sosial media perusahaan tersebut.

Selain pekerjaan-pekerjaan yang telah saya sebutkan, sebenarnya masih banyak pekerjaan lainnya. Saya akan tuliskan bagaimana cara mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan remote tetap di artikel selanjutnya.

Macam-macam Pekerjaan Freelance

Selain pekerjaan tetap, ada juga pekerjaan Freelance yang bisa teman-teman kerjakan dari rumah. Umumnya, jenis pekerjaan ini yang banyak orang cari dan kerjakan dari rumah, karena kebanyakan tidak terlalu mengikat kontrak. Macam-macam pekerjaan Freelance yang dapat dikerjakan di antaranya:

Menjadi desainer grafis. Banyak perusahaan atau individu yang lebih memilih meminta bantuan desainer grafis freelance karena biasanya lebih murah, atau tidak memerlukan kontrak, sehingga pembayaran lebih mudah, hanya ketika memesan jasa freelancer saja. Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi teman-teman untuk berkecimpung di bisnis freelance desain grafis. Biasanya, yang ditawarkan para freelancer ini adalah desain ilustrasi buku, ilustrasi buku anak, ilustrasi website, desain logo, desain konten sosial media, desain baju, dan desain undangan. Teman-teman bisa memilih untuk mempelajari desain-desain tersebut. Banyak tutorial yang ada di internet juga.

Saya juga akan menuliskan beberapa tutorial dasar desain grafis sebagai penunjang teman-teman untuk memulai menjadi desainer pemula di artikel-artikel berikutnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Jasa SEO. Hampir sama seperti pekerjaan tetap spesialis SEO, pekerjaan ini juga untuk mengembangkan SEO sebuah website. Bedanya, jika menjadi seorang freelance, teman-teman hanya akan dibayar sekali, namun enaknya, teman-teman bisa mencari klien lebih banyak, tidak fokus pada satu klien saja.

Jasa Penulisan. Bisa berupa penulisan artikel blog, atau penulisan lainnya untuk klien.

Jasa Copywriting. Teman-teman yang memiliki keterampilan menulis teks iklan, atau teks persuasif (ajakan) lainnya bisa mencoba perofesi ini.

Jasa pengembang website. Hampir sama juga dengan pekerjaan web developer tetap, hanya bedanya di sini teman-teman tidak hanya harus fokus pada satu klien. Teman-teman juga bisa mencari klien lain ketika proyek klien sebelumnya sudah selesai.

Youtuber dan blogger. Menjadi seorang youtuber maupun blogger bisa menjadi pekerjaan sampingan teman-teman untuk mendapatkan penghasilan, yaitu dengan cara menempatkan iklan di konten maupun melalui endorse barang. Saya akan menjelaskan bagaimana teman-teman bisa berpenghasilan dari youtube di artikel berikutnya.

Apabilah teman-teman tekun dan rajin membuat konten, bisa saja penghasilan teman-teman melebihi gaji jika bekerja di kantor per bulannya. Yang jelas, teman-teman harus rajin dan kreatif dalam membuat konten, baik itu artikel blog maupun video Youtube. Bahkan, bisa juga ini menjadi pekerjaan utama teman-teman nantinya jika sudah bisa menghasilkan banyak uang.

Menjadi Social Media Evaluator dan Search Engine Evaluator. Ini merupakan pekerjaan independent contractor atau kontrak tapi tidak terlalu mengikat, yang diadakan beberapa perusahaan outsourcing besar di bidang teknologi, yang biasanya bekerjasama dengan perusahaan-perusahan besar seperti Google dan Facebook. Tugasnya ialah mengevaluasi konten sosial media atau hasil pencarian mesin pencari berdasarkan guideline perusahaan yang bersangkutan. Saya akan menuliskan artikel khusus tentang ini dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaannya, karena saat ini saya juga bekerja sebagai profesi ini dengan penghasilan yang lumayan untuk level orang Indonesia.

Serta masih banyak lagi jasa lainnya yang bisa teman-teman buat. Ada pula yang membuka jasa main game untuk meningkatkan rank, atau jasa lainnya sesuai dengan hobi, minat, dan keahlian teman-teman sendiri, insyaAllah semua ada pasarnya. Tapi, tentu harus hal yang positif ya.

Menjadi Penjual Online

Yang terakhir adalah menjadi penjual barang secara online. Dilihat dari namanya, teman-teman mungkin sudah terbayang bagaimana cara kerjanya. Sebagai gambaran, teman-teman bisa menjual barang yang teman-teman buat, menjual kembali barang, atau melalui sistem dropship.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online dari Rumah

Barang-barang yang teman-teman jual bisa melalui media sosial, marketplace Indonesia, maupun marketplace luar negeri. Di artikel berikutnya, saya juga akan mengajarkan bagaimana menjual barang teman-teman ke pasar luar negeri. Tentu untungnya akan lebih banyak daripada di pasar Indonesia.

Penutup

Demikian tulisan saya mengenai Jenis-jenis Pekerjaan Online dari Rumah yang dapat teman-teman kerjakan. Mungkin tidak semua yang bisa saya tuliskan di sini, teman-teman bisa mencari referensi lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi teman-teman sekalian ke depannya.

Jangan lupa baca artikel lainnya mengenai pekerjaan dari rumah, serta tips dan triknya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post