Cara Memasang Widget HTML di Blog

Cara Memasang Widget HTML di Blog - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat widget HTML sendiri untuk Blog. Widget HTML ini berguna untuk membuat widget blog yang tidak ada di daftar widget default blog dengan HTML yang kita buat sendiri.

memasang-widget-HTML
Cara Memasang Widget HTML

Jika teman-teman tahu, widget yang disediakan Blogger untuk blog saat ini mengalami penurunan jumlah yang sangat banyak. Dahulu, Blogger menyediakan cukup banyak widget untuk Blog, baik itu widget dari Blogger sendiri, atau dari pihak ketiga. Intinya, dulu sangat banyak. Mungkin Blogger melakukan penyegaran dengan mengeliminasi widget-widget tersebut karena memang kebanyakan widget tersebut tidak terlalu penting untuk dipasang di Blog, lalu hanya menyisakan widget-widget asli Blogger itu sendiri.

Daftar Isi

Fungsi Widget HTML

Saya tidak tahu kapan pastinya Blogger mengurangi jumlah widget tersebut, tapi saya berasumsi mungkin sejak Blogger diakuisisi oleh Google. Karena, setelah itu, Blogger mengalami penyegaran tampilan menjadi lebih bersih dan modern.

Nah, widget HTML ini bisa teman-teman gunakan untuk membuat widget yang lebih baik dan responsif. Apalagi teman-teman yang jago HTML, widget ini cukup bermanfaat untuk mengembangkan tampilan blog teman-teman.

Cara Memasang Widget HTML di Blog

Cara memasang widget HTML sama dengan cara memasang widget-widget lainya. Hanya saja, ketika memasang wodget HTML, teman-teman hanya akan dihadapkan dengan satu kotak kosong untuk menuliskan kode HTMLnya.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog

Langkah-langkah memasang kode HTML di widget blog adalah sebagai berikut.

Pertama, teman-teman harus memiliki blog terlebih dahulu. Jika teman-teman belum memiliki blog dan tertarik untuk membuatnya, teman teman bisa membaca artikel tentang Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru terlebih dahulu.

Kedua, setelah login ke Blogger, teman-teman akan masuk ke dashboard. Pilih Layout di menu bagian kiri, atau Tata Letak untuk Blogger Bahasa Indonesia.

Ketiga, setelah masuk halaman Tata Letak atau Layout, akan banyak terdapat kotak-kotak tempat widget Blog. Teman-teman pilih lokasi di mana widget akan diletakkan, lalu pilih Add Widget atau Tambahkan Widget.

memasang-widget-HTML
Memasang Widget HTML

Keempat, setelah itu akan muncul satu window baru yang ukurannya lebih kecil. Di situ tempat kita memilih widget mana yang akan kita pasang di Blog. Pilihlah HTML/JavaScript, lalu pilih tombol panah.

memasang-widget-HTML
Memasang Widget HTML

Kelima, setelah itu akan muncul sebuah halaman baru yang terdapat dua kotak, kotak kecil di atas adalah untuk menuliskan judul dari Widget yang akan dibuat, kotak besar yang bawah untuk menuliskan kode HTMLnya.

memasang-widget-HTML
Memasang WIdget HTML

Keenam, setelah teman-teman selesai menuliskan kode HtML, tekan Save atau Simpan. Maka, kode HTML sudah disisipkan ke dalam blog teman-teman.

Itu tadi langkah langkah membuat widget HTML di blog. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa untuk menyisipkan kode HTML di blog saja, bukan untuk CSS. Jika teman-teman ingin memasukkan kode CSS juga di blog untuk mendukung widget HTML yang sudah teman-teman buat, teman-teman bisa membaca artikel tentang Cara Menyisipkan Kode CSS di Blog.

Penutup

Demikianlah tutorial cara memasanag widget HTML di blog. Dengan kode HTML ini, teman-teman bisa berkreasi lebih banyak dalam mengembangkan widget, tidak hanya terpaku pada widget default yang ada di Blogger. Misalnya teman-teman ingin membuat profil sendiri dengan gaya sendiri. Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak memasang widget tidak penting di blog, karena hal itu akan berpengaruh pada kecepatan loading halaman blog.

Sekian dari saya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin belajar blog sebagai sumber penghasilan dari rumah. Jangan lupa baca tulisan saya yang lainnya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post