Cara Membuat BACA JUGA di Tengah Artikel Blog yang Baik dan Tertarget

Cara Membuat BACA JUGA di Tengah Artikel Blog yang Baik dan Tertarget - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Di artikel ini, saya akan membagikan satu tutorial blogging cara membuat Baca Juga di tengah postingan blog yang efektif dan tertarget. Tujuannya, adalah agar pembaca dapat melihat rekomendasi artikel lainnya yang relevan ketika sedang membaca artikel blog teman-teman, tidak random.

Daftar Isi

Jika teman-teman pernah membaca artikel-artikel di blog orang, mungkin teman-teman juga sering menemukan rekomendasi artikel, atau biasanya dituliskan sebagai “Baca Juga” di tengah postingan. Hal ini mungkin akan membuat teman-teman tertarik untuk membuka tulisan yang lain tersebut, mungkin setelah teman-teman selesai membaca artikel sebelumnya. Apalagi, jika artikel yang disisipkan itu sangat relevan dengan artikel yang teman-teman baca saat ini.

membuat-baca-juga-di-blog
Cara Membuat Baca Juga di Blog

Apa Pentingnya Memasang Baca Juga di Blog?

Memasang rekomendasi artikel di tengah postingan merupakan salah satu teknik on-page SEO yang bisa teman-teman lakukan agar pembaca betah berlama-lama berada di blog teman-teman. Ini sangat berguna untuk memperkecil bounce rate pada blog teman-teman, atau bahasa sederhananya, orang-orang yang cuma main sebentar lalu pergi dari blog teman-teman. Semakin orang betah di blog teman-teman, bisa memperbesar peluang mendapatkan pendapatan yang lebih dari blog, misalnya melalui iklan seperti AdSense.

Selain membuat pengunjung betah di blog, tentu saja akan semakin menambah Page View atau tampilan halaman blog teman-teman. Hal ini juga baik bagi blog sehingga posting blog teman-teman berpeluang besar untuk berada di halaman pertama mesin pencari Google.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru

Bagaimana Cara Memasang Baca Juga di Tengah Postingan Blog?

Sebenarnya ada dua cara yang bisa teman-teman terapkan untuk membuat rekomendasi artikel atau Baca Juga di tengah postingan blog, yaitu secara manual dan otomatis.

Akan tetapi, yang saya tuliskan di sini adalah cara manual yang juga saya terapkan di blog ini.

Mengapa saya tidak memilih cara otomatis?

Karena, jika kita menggunakan cara otomatis untuk menampilkan rekomendasi artikel, judul artikel yang muncul mungkin akan random. Jadi tidak tertarget atau sesuai dengan topik artikel yang sedang teman-teman tulis.

Meskipun teman-teman bisa menyiasati hanya label tertentu yang akan tampil sebagai artikel rekomendasi, namun, jika teman-teman memiliki banyak artikel di label yang sama, teman-teman tidak bisa memilih artikel mana yang akan ditampilkan sesuai dengan topik tulisan saat itu.

Nah, lalu, bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya cara nya cukup mudah. Teman-teman hanya cukup menggunakan fitur Quote yang tersedia di editor postingan blogger. Langkah-langkah pembuatannya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Dapat Uang di Internet

Pertama, pastikan teman-teman memiliki lebih dari satu postingan blog serta memiliki artikel lain yang relevan untuk mendukung artikel yang akan teman-teman buat berikutnya.

Kedua, pilih New Post di sebelah kiri atas dashboard Blogger. Atau Post Baru jika teman-teman mengunakan bahasa Indonesia. Saya di sini akan memberi tutorial dalam Blogger bahasa Inggris, tapi sama saja kok.

Ketiga, teman-teman akan diarahkan menuju editor tulisan, seperti ketika akan menulis artikel pada umumnya. Tulislah artikel sesuai yang teman-teman inginkan sampai selesai.

Keempat, pilih bagian dari artikel yang teman-teman tulis untuk disisipi Baca Juga. Ada dua cara yang bisa teman-teman gunakan. Pertama, cari topik tulisan yang sekiranya perlu penjelasan lebih lanjut dan teman-teman memiliki artikel lain yang menjelaskannya, atau, pilih letak di mana saja, yang penting di antara dua paragraf dengan di beri jarak dua sampai tiga paragraf besar, atau 100 sampai 200 kata. Hal tersebut agar rekomendasi artikel tidak terlalu berdekatan.

membuat-baca-juga-di-blog
Membuat Baca Juga di Blog

Kelima, jika teman-teman sudah menentukan posisinya, tulis:

“Baca Juga: [Judul artikel rekomendasi]”

Teman-teman bisa menggunakan Italic atau Bold untuk mempercantik tulisannya agar terlihat dengan jelas.

Keenam, pasang link atau tautan pada judul artikelnya, arahkan ke halaman artikel tersebut.

membuat-baca-juga-di-blog
Membuat Baca Juga di Blog

Ketujuh, blok tulisan Baca Juga sampai judul artikel tadi, lalu pilih Quote text di pengaturan tulisan atas. Bentuk box dari quote mungkin akan berbeda-beda tiap blog karena ini tergantung dari template yang teman-teman gunakan. Akan tetapi, itu tidak menjadi masalah, tulisannya akan tetap rapi dan berbeda dari artikel blog keseluruhan.

membuat-baca-juga-di-blog
Membuat Baca Juga di Blog

Kedelapan, setelah selesai, teman-teman bisa mempublish artikel tersebut dan melihatnya langsung di halaman blog teman-teman.

membuat-baca-juga-di-blog
Membuat Baca Juga di Blog

Penutup

Demikianlah tulisan saya tentang cara membuat Baca Juga di tengah postingan blog. Ini mungkin salah satu hal yang sangat penting dalam blog, karena menyisipkan artikel rekomendasi mampu meningkatkan SEO pada blog kita. Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa teman-teman atur di blog agar blog teman-teman dapat tampil di halaman pertama Google. InsyaAllah saya akan terus mengupdate tutorial blogging ini sebagai sarana membantu teman-teman yang akan mulai mencari uang dari rumah melalui blog.

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang kerja dari rumah, tips dan trik, serta beragam tutorial penunjang, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post