Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog yang Mudah

Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog yang Mudah - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan memberikan satu tutorial mudah dan singkat tentang Cara Membuat Daftar isi Blog yang mudah. Tutorial ini berguna bagi teman-teman yang ingin membuat tampilan blog teman-teman menjadi lebih menarik

Daftar Isi

membuat-daftar-isi-dalam-postingan-blog
Membuat daftar isi dalam postingan blog


Apa Fungsi Daftar Isi untuk Postingan Blog?

Artikel yang baik untuk Blog, terutama untuk SEO, adalah artikel yang memiliki jumlah kata 500 atau lebih. Tentunya rangkaian kata-kata ini akan lebih baik jika dibagi ke beberapa bagian artikel. Tujuannya, agar tulisan tidak terlihat membosankan karena terlalu panjang, serta pembaca blog teman-teman akan mudah mengerti dan mendapatkan inti dari tulisan teman-teman.

Daftar isi pada postingan blog akan memudahkan navigasi pembaca menuju bagian-bagian inti dari tulisan teman-teman yang panjang. Jika pembaca merasa mudah, maka pembaca mungkin akan betah untuk membaca blog teman-teman dan akan ada kemungkinan untuk kembali mengunjungi blog teman-teman. Selain itu, blog teman-teman juga akan terindex dengan baik oleh Google, karena Google dapat dengan mudah merayapi inti dari artikel.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog?

Nah, sekarang, saya akan memberikan langkah-langkah mudah dalam membuat daftar isi dalam postingan blog. Daftar isi yang saya berikan tidak memerlukan tambahan kode CSS dan HTML yang rumit dan banyak. Cukup memanfaatkan fitur yang ada dalam editor postingan di Blogger.

Sebelum saya menjabarkan langkah-langkahnya, saya berasumsi bahwa teman-teman telah memiliki blog. Jika belum, teman-teman bisa membaca artikel saya tentang cara membuat blog yang terbaru.

Masuk ke langkah-langkahnya.

Pertama, dari dashboard Blogger, teman-teman bisa membuat postingan terlebih dahulu dengan klik New Post. Atau, jika teman-teman ingin mengedit postingan yang sudah ada, teman-teman bisa ke menu Post, lalu pilih tulisan yang ingin teman-teman edit.

Baca Juga: Cara Membuat BACA JUGA di Tengah Postingan

Kedua, jika tulisan teman-teman belum memiiki sub-sub bagian, buat terlebih dahulu sub bagian untuk artikel tersebut. Misalkan ada bagian Pengertian, Cara Membuat, Penutup, atau yang lainnya, menyesuaikan tulisan teman-teman. Buat tipenya menjadi Heading. Jika sudah terbagi, bisa langsung ke langkah berikutnya.

membuat-daftar-isi-dalam-postingan
Membuat daftar isi dalam postingan

Ketiga, tentukan posisi di mana teman-teman ingin meletakkan bagian daftar isi. Ketikkan seperti di bawah ini (kata Sub Bagian diganti judul sub bagian artikel teman-teman sendiri):

Daftar Isi:

Sub Bagian 1

Sub Bagian 2

Sub Bagian 3


Keempat, jika sudah, teman-teman bisa blok tulisan tadi, lalu pilih quote text.

membuat-daftar-isi-dalam-postingan
Membuat daftar isi dalam postingan

Kelima, Daftar Sub Bagian tadi juga bisa teman-teman beri Bulleted list atau Numbered list dengan cara blok semua Sub Bagian, lalu pilih bullet atau numbering.

membuat-daftar-isi-dalam-postingan-blog
Membuat daftar isi dalam postingan

Keenam, teman-teman beralih ke mode HTML, ada di paling kiri pengaturan teks. Kemudian, teman-teman cari kode HTML masing-masing sub judul, atau kira-kira tulisannya mirip seperti ini:

<h2>Sub Bagian 1</h2>

membuat-daftar-isi-dalam-postingan-blog

Yang penting ada tulisan nama sub bagian artikelnya. Kadang tiap template berbeda

Ketujuh, beri atribut berikut di dalam tag heading (Contoh di artikel ini tag H2)

id=”Sub1”


Maka tulisannya akan mirip seperti ini:

<h2 id=”Sub1”>Sub Bagian 1</h2>

membuat-daftar-isi-dalam-postingan-blog

Tulisan Sub1 bisa teman-teman ganti tulisan lain yang mudah, misal hanya dengan angka 1, 2, atau 3, atau yang lainnya.

Setelah selesai, teman-teman bisa kembali ke mode penulisan.

Kedelapan, kembali ke Daftar Isi yang sudah dibuat tadi. Pada list masing-masing Sub judul, teman-teman bisa beri link, blok salah satu dari daftar Sub Judul, lalu pilih Link.

Masukkan link nya dengan tanda pagar # ditambah judul id yang ada di poin tujuh. Contohnya seperti ini:

#Sub1

membuat-daftar-isi-dalam-postingan-blog
Membuat daftar isi dalam postingan

Lakukan juga untuk judul lainnya, sesuai judul id nya masing-masing.

Kesembilan, setelah semua selesai, teman-teman bisa Update atau Publish tulisan teman-teman, lalu teman-teman bisa cek langsung ke blog teman-teman.

Penutup

Demikianlah tutorial tentang membuat daftar isi dalam postingan blog. Ini salah satu cara sederhana untuk membuat daftar isi dalam postingan blog yang mudah untuk diterapkan. Semoga, tutorial ini bisa membantu teman-teman dalam membangun blog yang baik.

Jangan lupa baca artikel tentang kerja dari rumah, tips dan trik, serta tutorial lainnya, hanya di AwResume.

1 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post