Cara Mengatasi Malas Menulis Ketika Memulai Membangun Blog

Cara Mengatasi Malas Menulis Ketika Memulai Membangun Blog - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi sedikit tips mengenai cara mengatasi malas menulis ketika mulai membangun blog. Artikel ini ditujukan buat teman-teman yang ingin serius memulai blog dari benar-benar awal, bukan yang mengandalkan membeli artikel. Karena, membangun blog dengan menulis sendiri dari awal benar-benar butuh niat dan kreativitas. Oleh karena itu, tak jarang kita akan merasa jenuh melakukannya. Apalagi, jika kita berniat menulis banyak artikel setiap harinya, tentu akan ada titik jenuh.

mengatasi-malas-menulis
Cara Mengatasi Malas Menulis

Daftar Isi

Untuk Apa Menulis Artikel Sendiri?

Untuk sebagian orang, membuat blog adalah seperti sebuah seni. Jadi, menulis sendiri merupakan bagian dari seni itu. Dengan menulis artikel sendiri, akan ada rasa puas dalam diri jika dia merupakan seorang blogger idealis yang memang ingin berniat untuk berkarya.

Selain itu, menulis sendiri sebuah artikel blog akan membuat kita bisa mengatur sendiri di mana letak kata kunci terbaik untuk blog. Serta, kita bisa mengatur sendiri tulisan yang cocok dengan genre atau tema blog kita. Serta, gaya tulisan artikel adalm blog akan terasa natural dan seragam, sehingga akan menimbulkan ciri khas yang mungkin bisa diingat banyak orang.

Dalam dunia SEO, menulis sendiri artikel blog dapat menjauhkan kita dari dugaan plagiarisme oleh bot Google. Jadi, tulisan kita cenderung lebih aman dalam hasil pencarian karena kita sendiri yang mengaturnya. Asalkan, tulisan yang kita tulis benar-benar dari pikiran kita dan bukan hasil mencomot tulisan orang.

Baca Juga: Kesalahan Umum Blogger Pemula

Bagaimana Tips Jika Malas Menulis?

Merasa malas adalah masalah banyak orang ketika ingin membuat blog dengan hasil tulisan sendiri. Karena kita dituntut untuk berpikir setiap hari. Karena, blog yang baik adalah blog yang sering diupdate tulisannya. Jadi, sebisa mungkin kita usahakan menulis minimal sekali sehara, atau jangan terlalu lama jangka hari nya.

Lalu, bagaimana ketika rasa malas itu mulai muncul?

Petama, pastikan tema blog yang teman-teman buat adalah tema yang teman-teman kuasai. Minimal, teman-teman mudah untuk mempelajarinya, sehingga tidak akan merasa kehabisa ide untuk menulis.

Kedua, yang dapat teman-teman lakukan adalah istirahat sejenak dengan melakukan aktivitas lain selain menulis blog. Misalnya, hari ini teman-teman harus menulis blog. Menulislah nanti malam saja. Sejak pagi, lakukanlah aktivitas lain selain berpikir mengenaik ide tulisa atau menulis blog.

Ketiga, ketika teman-teman harus menulis hari ini, jangan langsung menulis banyak-banyak. Teman-teman bisa menuliskan terlebih dahulu poin-poin pentingnya pada pagi harinya, lalu bisa dilanjutkan sewaktu-waktu jika teman-teman memiliki ide. Minimal, teman-teman tau inti yang akan ditulis dalam tulisan teman-teman hari ini. Teman-teman juga bisa mengantisipasi menulis poin-poinnya ketika malam sebelumnya.

Keempat, menulislah saat malam hari. Biasanya, menurut pengalaman saya, malam hari adalah saat di mana ide-ide banyak bermunculan. Mungkin muncul secara utuh, atau secara acak. Maka, saya sebisa mungkin harus bisa menangkap atau mencurahkan ide-ide tersebut sebelum lupa. Lalu, dengan menulis di malam hari, siangnya kita bisa melakukan aktivitas lain agar tidak jenuh menulis saja, seperti yang saya tulis di poin kedua.

Kelima, menulis ditemani makanan atau minuman favorit. Saya sering melakukan ini. Saya senang makanan manis atau minuman dingin. Ketika senang merasa malas untuk menulis, tapi harus, saya akan menyiapkan minuman dan makanan sebagai teman menulis saya.

Keenam, ditemani orang tercinta. Selain makanan, cara ini juga sering saya lakukan. Saya sering menulis diteman istri. Karena, ketika sedang jenuh menulis di tengah-tengah, saya bisa mengajak ngobrol istri sejenak. Jika belum memiliki istri, bisa dengan orang tua misalnya. Namun, saya tidak menyarankan pacar, karena saya tidak setuju dengan pacaran.

Ketujuh, ingat kembali niat teman-teman untuk apa menulis blog. Jika niat untuk berbagi ilmu, ingat bahwa ilmu bermanfaat bisa mendatangkan pahala bagi kita. Jika niat mencari uang, ingat juga jika tidak menulis, maka akan semakin lama blog teman-teman dikenal.

Baca Juga: 15+ Cara Dapat Uang dari Internet

Penutup

Demikianlah tulisan saya tentang cara mengatasi malas menulis ketika memulai membangun blog. Cara-cara di atas adalah cara yang saya lakukan untuk mengatasi rasa malas dan kehabisan ide menulis blog saat saya sedang membangun blog. Semoga, cara-cara tadi akan bermanfaat bagi teman-teman juga, khususnya yang ingin membangun blog secara murni dari awal. Tetap semangat.

Jangan lupa baca artikel saya lainnya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post