Cara Menyisipkan Kode CSS di Blog Melalui Edit HTML

Cara Menyisipkan Kode CSS di Blog Melalui Edit HTML - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan menuliskan tutorial blog tentang bagaimana cara menyisipkan kode CSS di Blog Melalui Edit HTML. Jika teman-teman sudah membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara membuat widget HTML di blog, maka tutorial ini mungkin akan menjadi penunjang widget HTML tersebut. Namun, cara menyisipkannya berbeda dengan cara membuat kode HTML.

cara-menyisipkan-css-di-blog
Menyisipkan CSS di Blog

Menyisipkan kode CSS langsung melalui editor HTML template blog teman-teman atau bagian Customize Template. Berbeda dengan blog yang menggunakan wordpress dan hosting, di mana kode CSS dimasukkan ke dalam file terpisah, kalau di Blogger, kode CSS terletak menyatu dengan template blog itu sendiri, namun terletak di posisi yang terpisah dengan kode HTML lainnya. Di bawah ini akan saya tuliskan langkah-langkahnya.       

Daftar Isi

Apa itu Kode CSS?

Kode CSS bertujuan untuk membuat tampilan Blog menjadi lebih rapi dan seragam. Kita bisa mengatur style dari HTML melalui koda CSS dan bisa dipanggil kembali untuk membuat pengaturan style yang sama dengan menambahkan atribut tertentu ke HTML. Dengan CSS, kita bisa mempersingkat penulisan HTML jika ingin menggunakan kembali style yang sama.

Bagi teman-teman yang sudah biasa dengan kode pemrograman website, tentu tidak akan asing dengan CSS ini. Ini merupakan salah satu kode yang wajib dipelajari dalam mempelajari pemrograman web dasar.

Cara Menyisipkan CSS ke Blog

Pertama, siapkan terlebih dahulu kode CSS yang ingin teman-teman sisipkan. Selain itu, pastikan juga teman-teman memiliki Blog di Blogger. Jika belum, teman-teman bisa membaca artikel saya tentang Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog

Kedua, login terlebih dahulu ke Blogger, lalu teman-teman akan masuk ke dashboard.

Ketiga, masuk ke menu Theme, lalu teman-teman akan melihat berbagai tema yang deisediakan Blogger dan tema yang teman-teman gunakan

menuliskan-css-di-blog
Menyisipkan CSS di Blog

Keempat, di bagian atas ata tema yang teman-teman gunakan. Ada pula tombol Customize, di sebelahnya ada panah mengarah ke bawah. Pilih tombol tersebut, lalu pilih edit HTML.

menuliskan-css-di-blog
Menyisipkan CSS di Blog

Kelima, setelah itu, teman-teman akan di arahkan ke halaman pengeditan kode HTML blog. Di sinilah kita akan menyisipkan kode CSS tersebut.

Keenam, letakkan kursor di dalam kotak editor HTML, klik sembarang di situ. Cari kode di bawah ini dengan menekan tombol Ctrl + F di keyboard.

]]></b:skin>

menuliskan-css-di-blog
Menyisipkan CSS di Blog

Salin dan tempelkan CSS yang teman-teman siapkan tadi di atas kode tersebut. Itulah lokasi tempat berbagai koda CSS di template blog diletakkan. Jika teman-teman ingin menambahkan kode CSS lainnya, bisa diletakkan di atas kode tadi.

Ketujuh, tekan tombol save, atau tombol berbentuk disket di sebelah kanan atas editor kode.

Setelah itu, teman-teman bisa menggunakan kode CSS yang telah disisipkan di Blog. Misal ingin menggunakan kode CSS di widget HTML yang sudah teman-teman buat.

Baca Juga: Cara Membuat BACA JUGA di Tengah Postingan

Penutup

Demikian tadi tutorial singkat tentang bagaimana cara menyisipkan kode CSS ke dalam Blog melalui edit HTML. Tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin belajar kustomisasi blog, mengembangkan blog, atau berkreasi apa saja dengan mengedit source code dari template blog tersebut. Semoga, tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu teman-teman dalam mengembangkan blog untuk mencari penghasilan dari rumah

Jangan lupa baca juga artikel saya yang lainnya tentang bekerja dari rumah, tips dan trik, serta tutorial-tutorial penunjang untuk teman-teman memulai bekerja dari rumah, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post