Cara Setting Custom Domain Blogspot di Domainesia

Cara Setting Custom Domain Blogspot di Domainesia - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam artikel kali ini, saya akan memberi tutorial Cara Setting Custom Domain Blogspot di Domainesia. Saat ini, sudah banyak blog dari Blogger yang beralih dari domain blogspot menjadi Top Level Domain atau TLD seperti .com, .id, .net, dan yang lainnya.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Cara setting custom domain blog di Domainesia

Dalam tutorial ini, saya menggunakan domain dari Domainesia karena saya membeli domain untuk blog ini di sana. Selain itu, saya juga menggunakan Domainesia sebagai hosting website saya yang satu lagi dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Apalagi, saat artikel ini ditulis, Domeinesia menjual domain TLD .com dengan harga yang paling murah di antara penjual domain lainnya, yaitu hanya Rp98.000, hanya domain saja. Sedangkan penjual domain lainnya masih di sekitar 120ribuan lebih untuk domain .com. Namun, jika sekalian membeli paket hosting, teman-teman akan mendapatkan gratis domain TLD, termasuk domain .com. Penyedia hosting lain pun juga sudah banyak yang memasukkan domain TLD gratis dalam paket hostingnya.

Daftar Isi

Mengapa Harus Custom Domain Blog?

Sebenarnya, mengubah custom domain bukan merupaka sebuah keharusan bagi setiap blogger. Tidak masalah jika teman-teman tetap menggunakan domain bawaan blogspot. Bahkan, teman-teman juga tetap bisa mendaftarkan AdSense untuk domain blogspot. Namun, syaratnya umur blog teman-teman harus lebih dari 6 bulan.

Baca Juga: Cara Membuat BACA JUGA di Tengah Postingan

Dengan custom domain TLD, blog teman-teman akan lebih profesional dan terpercaya. Karena, umumnya orang-orang yang menggunakan domain TLD seperti .com adalah orang-orang yang serius dalam mengelola webnya. Karena sudah dimodalin sejumlah uang, sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Keunggulan lainnya, menurut yang pernah saya baca dari website orang lain, katanya domain TLD akan lebih cepat diterima AdSense. Namun, tetap tergantung pada kualitas blog juga menurut saya. Selain itu, katanya tidak perlu menunggu hingga enam bulan umur blog jika menggunakan domain TLD. Silahkan teman-teman bisa coba sendiri.

Cara Setting Domain di Domainesia

Jujur saja, cara setting domain di Domainesia adalah yang termudah di antara penyedia domain lainnya, terutama yang pernah saya alami. Dalam pengaturannya, sudah ada menu setting DNS khusus untuk Blogger. Jadi, langkah penyetingannya tidak sepanjang jika menggunakan penyedia domain lainnya.

Berikut langkah-langkah pengaturannya.

Pertama, pastikan teman-teman sudah memiliki blog di Blogger. Jika belum, teman-teman bisa membuatnya terlebih dahulu dan baca artikel Cara Membuat Blog Terbaru.

Kedua, pastikan juga teman-teman memiliki akun di Domainesia. Jika belum, teman-teman bisa membuka link ini, lalu pilih Sign Up. Selesaikan pendaftaran sampai akhir. Pendaftarannya sangat mudah. Lalu belilah domain yang teman-teman inginkan.

Ketiga, setelah masuk Dashboard (my.domainesia.com/dashboard), pilih Menu DOMAIN.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Cara Setting Custom Domain di Domainesia

Keempat, pilih alamat web yang teman-teman buat tadi, klik tepat di alamatnya untuk masuk ke pangaturan.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Domain di Domainesia

Kelima, pilih tab Name Server, lalu klik “Use default nameservers”, pilih Change Nameservers

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Name Server

Keenam, pilih tab Setting, lalu pilih Blogger Setting

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Domain Blog di Domainesia

Ketujuh, akan tampil tampilan seperti di bawah. Lalu, teman-teman kembali ke blogger terlebih dahulu

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Domain Blog di Domainesia

Kedelapan, buka Settings di Blogger, lalu cari Custom Domain.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Custom Domain Blogger

Kesembilan, isikan Custom Domain dengan domain baru teman-teman menggunakan WWW (www.contoh.com). Tekan Save. Maka akan muncul tulisan merah seperti ini.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting Custom Domain Blog

Salin kode yang bergaris ke pengaturan di Domainesia (Lihat di pengaturan Domainesia ada cara menyalinnya). Setelah itu tekan SAVE.

Kesepuluh, kembali ke pengaturan Blogger, masih di posisi pengaturan custom domain. Tekan SAVE.

Jika masih terlihat Error seperti tadi, biarkan saja, tunggu beberapa menit, lalu coba kembali sampai bisa disimpan.

Kesebelas, anggaplah sudah bisa disimpan, lihat kembali di pengaturan Blogger. Aktifkan Redirect Domain, HTTPS Availability, dan HTTPS Redirect.

setting-custom-domain-blog-domainesia
Setting HTTPS Custom Domain

Selesai, tidak perlu setting DNS Record di Domainesia karena sudah ada sistem otomatis yang mengaturnya. Tinggal menunggu beberapa saat hingga domain bisa aktif. Biasanya hanya beberapa menit, kurang dari satu jam, tapi mungkin tidak semua sama. Teman-teman tinggal sabar menunggu.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi dalam Postingan Blog

Penutup

Demikianlah artikel saya tentang cara setting custom domain blogger di Domainesia. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengubah custom domain dan mencari domain murah. Sehingga, blog teman-teman bisa nampak menjadi layaknya website profesional.

Jangan lupa baca artikel lainnya, hanya di AwResume

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post