Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot) Terbaru 2021

Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot) Terbaru - Assalamu'alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam tulisan kali ini, saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat blog di Blogger atau blogspot di terbaru. Mengapa terbaru? Karena saya mendapati adanya perbedaan-perbedaan dari segi tampilan jika dibandingkan dengan website Blogger jaman dahulu, terutama sejak tahun 2021.

Daftar Isi

Menurut saya, user interface atau tampilan dari website Blogger saat ini jauh lebih clean dan modern. Hal ini mungkin bertujuan untuk memberikan kemudahan dan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

cara-membuat-blog-terbaru
Cara Membuat Blog Terbaru

Mengapa Blogger?

Nah, sekarang pertanyaannya, kenapa saya memilih Blogger. Blog ini pun menggunakan platform Blogger. Padahal umumnya, jika ingin membuat wesite atau blog profesional, banyak yang merekomendasikan menggunakan Wordpress.org. Saya menggunakan Blogger, karena bagi saya, Blogger jauh lebih sederhana dan familiar bagi saya, karena saya sejak awal ngeblog menggunakan platform Blogger, yaitu sejak 2009 lalu. Selain itu, meskipun tidak memiliki plugin sebanyak Wordpress, Blogger juga tetap powerful karena kita masih bisa mengedit HTML dari template blog itu sendiri untuk membuatnya tetap SEO friendly.

Selain itu, yang jelas, selain simpel, platform Blogger juga lebih murah, Gratis. Tidak perlu membayar biaya hosting tahunannya, hanya perlu membeli domain TLD (*.com, *.net, *.xyz, *.id, dll.) jika ingin terlihat lebih profesional. Kelebihan lainnya, jika ingin menggunakan CMS Wordpress, kita memerlukan hosting, tiap paket hosting memiliki bandwidth, ukuran hosting, estimasi jumlah pengunjung bulanan, keamanan SSH, yang semuanya disesuaikan dengan harga hostingnya. Kalau menggunakan Blogger, kita tidak memikirkan itu semua dan harganya tetap gratis. InsyaAllah semua unlimited, hehe.

Pertimbangan terakhir, Blogger juga tetap bisa digunakan untuk mencari uang, misal dengan mendaftarkannya ke AdSense.

Cara Terbaru Membuat Blog

Pertama, buka website Blogger. Berikut adalah tampilan awal website Blogger saat ini. Lebih modern dari blogger jaman dahulu. Pastikan teman-teman memiliki akun Gmail aktif. Lalu masuklah ke Blogger menggunakan akun Google atau Gmail dengan klik SIGN IN di pojok kanan atas.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Halaman awal Blogger.com

Kedua, setelah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan seperti ini (jika sebelumnya sama sekali belum memiliki blog di Blogger). Teman-teman diminta untuk memberi nama pada blog teman-teman. Ini akan muncul di bagian Header atau sebagai judul blog teman-teman. Kemudian tekan Next.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Membuat nama blog

Ketiga, teman-teman diminta membuat alamat blog. Buatlah nama yang unik dan berbeda dari blog lainnya dan kalau bisa tetap singkat dan mudah diingat. Jika menggunakan Blogger, secara default alamat blog teman-teman akan menggunakan subdomain *.blogspot.com. Teman-teman tetap bisa mendaftarkannya ke AdSense untuk mendapatkan uang. Namun, teman-teman harus menunggu umur blog teman-teman mencapai 6 (enam) bulan. Teman-teman dapat menggantinya dengan domain TLD nantinya agar lebih profesional dan lebih cepat untuk didaftarkan ke AdSense.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Memuat alamat blog

Keempat, pada tampilan berikutnya, teman-teman diminta memberikan display name, atau nama penulis ketika teman-teman menulis artikel. Teman-teman bisa menuliskan nama teman-teman sendiri atau inisial lainnya.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Membuat display nama profil/penulis

Kelima, setelah semua terisi, teman-teman akan diarahkan ke tampilan utama dashboard Blogger teman-teman.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Dashboard Blogger

Di sebelah kiri terdapat beberapa menu yang memiliki fungsinya masing masing. Menu-menu itu adalah:

Posts, berguna untuk mengatur dan mengedit artikel-artikel di blog teman-teman.

Stats, berisi statistik blog teman-teman, jumlah pengunjung, jumlah tampilan halaman, asal pengunjung, dan lain-lain.

Comments, menu ini berisi komentar-komentar pengunjung blog teman-teman.

Earnings, menu ini berisi pengaturan iklan AdSense teman-teman, jika sudah didaftarkan ke AdSense. Jika belum, teman-teman bisa memilih untuk mendaftarkan blog teman-teman terlebih dahulu.

Pages, menu ini berguna untuk membuat, mengatur, dan mengedit halaman statik untuk blog teman-teman. Halaman statik adalah halaman yang berdiri sendiri di blog, bukan bagian dari artikel postingan blog. Misalnya, halaman Tentang, Kontak, Kebijakan Privasi, Disclaimer, atau halaman lainnya.

Itu tadi langkah-langkah dalam membuat blog di Blogger saat ini. Kalau dahulu, teman-teman diminta memilih tema atau template pertama blog terlebih dahulu sebelum masuk ke dashboard. Kalau sekarang, blog teman-teman akan menggunakan template default dan akan seperti di bawah ini tampilannya. Teman-teman juga bisa menggantinya nanti sesuai keinginan teman-teman, karena sudah banyak penyedia template blog saat ini mulai yang gratis dan berbayar.

cara-membuat-blog-terbaru
Template default blog pertama

Membuat Postingan Pertama

Sekarang, kita akan coba bagaimana cara membuat postingan pertama di blog.

Pertama, klik tombol New Post di kiri atas dashboard teman-teman (tergantung pada bahasa yang teman-teman gunakan, saya menggunakan bahasa Inggris).

cara-membuat-blog-terbaru
Tombol New Post

Kedua, teman-teman akan diarahkan ke halaman editor post. Teman-teman bisa menuliskan judul artikel di bagian atas. Lalu di bagian bawahnya terdapat berbagai pengaturan teks secara umum, yang mungkin mirip yang kita temukan di software pengolah kata seperti Microsoft Word. Teman-teman bisa coba-coba sendiri fungsi-fungsinya.

Cara-Membuat-Blog-Terbaru
Editor postingan blog

Di sebelah kanan, terdapat beberapa atribut post yang bisa kita atur, di antaranya Labels, Published on, Permalink, Location, dan Options. Catatan: Jika teman-teman sudah menulis beberapa artikel yang bagus dan panjang, maka akan muncul satu menu lagi, yaitu Search Description.

Berikut beberapa penjelasan menunya:

Labels, fungsinya adalah untuk membuat kategori artikel yang teman-teman tulis. Jadi, teman-teman bisa membagi tulisan teman-teman ke berbagai kategori. Teman-teman tinggal tulis nama kategorinya, terserah teman-teman. Misalnya, jika sedang menulis artikel tentang teknologi, teman-teman bisa menuliskan label “Teknologi”.

cara-membuat-blog-terbaru
Atribut label

Published on, menu ini berfungsi untuk mengatur kapan postingan teman-teman akan diterbitkan. Bisa langsung diterbitkan, atau ditunda tergantung tanggal dan jam yang teman-teman atur.

cara-membuat-blog-terbaru
Atribut tanggal post

Permalink atau Permanent Link. Fungsinya adalah membuat alamat custom artikel teman-teman. Saya sarankan, masukkanlah kata kunci artikel teman-teman di permalink ini agar lebih mudah dicari di Google.

cara-membuat-blog-terbaru
Atribut Permalink

Location. Di sini, teman-teman bisa menampilkan lokasi dari mana teman-teman menuliskan artikel.

cara-membuat-blog-terbaru
Atribut Location

Options. Menu ini berisi tentang pengaturan komentar di postingan teman-teman. Teman-teman bisa memilih menampilkan kolom komentar atau tidak.

cara-membuat-blog-terbaru
Menu options

Tambahan: Search Description. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, jika teman-teman sudah menuliskan beberapa artikel panjang dan berkualitas, akan muncul menu ini. Fungsinya adalah untuk membuat deskripsi yang akan tampil di mesin pencari terkait dengan artikel teman-teman. Saya sarankan, masukkan juga kata kunci artikel di menu ini, agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

cara-membuat-blog-terbaru
Search Description

Ketiga, publikasikan tulisan teman-teman. Caranya, pilih tombol Publish di sebelah kanan atas. Teman-teman juga bisa melihat pratinjau tulisan teman-teman dengan memilih tombol Preview di sebelah tombol Publish

cara-membuat-blog-terbaru
Publish artikel

Sekedar informasi, tulisan kita akan otomatis tersimpan ketika kita sedang mengetik. Jadi, jika teman-teman belum ingin mempublikasikannya, teman-teman bisa klik panah kemali di pojok kiri atas, maka tulisan teman-teman akan otomatis menjadi draft.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Cara terbaru membuat blog di Blogger. Teman-teman bisa langsung mempraktekannya sendiri agar lebih memahaminya. Saya akan menuliskan berbagai tutorial lainnya mengenai blogging sebagai modal teman-teman memulai mencari uang dari rumah. Semoga teman-teman dapat terbantu dengan tulisan saya.

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang bekerja dari rumah, tips dan trik, serta tutorial lainnya, hanya di AwResume.


Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post