Cara Upload Template Blog di Blogger

Cara Upload Template Blog di Blogger - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial singkat mengenai cara upload template ke Blogger. Hal ini bertujuan untuk mengganti template blog dengan template lain yang baru yang telah kita download dari penyedia template blog.

Cara-upload-template-blog
Cara Upload Template Blog

Biasanya, orang-orang yang memiliki blog akan melakukan pengubahan template. Hal ini biasanya untuk membuat tampilan blog lebih modern, responsif, dan SEO Friendly. Ada banyak penyedia tamplate blog yang tersebar di internet. Ada yang berbayar maupun ada yang gratis. Biasanya, template gratis memiliki banyak batasan bila dibandingkan dengan template yang berbayar. Misalnya, teman-teman tidak bisa mengubah footer atau menghapus nama pembuat template dari blog, tidak mendapatkan update, ada kode yang diencrypt, dan lainnya.


Bagi teman-teman yang memiliki keahlian dalam bidang pemrograman website, mungkin juga bisa mempelajari cara membuat template blog sendiri.

Daftar Isi

Untuk Apa Mengubah Template Blog?

Tujuan umum mengubah template blog, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, yaitu untuk membuat tampilan blog lebih modern dan mempercantik tampilan blog. Karena, template default yang disediakan oleh blogger, meskipun saat ini sudah bagus, tapi memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan template yang didownload di tempat lain. Misalnya, tampilan template blogger terlalu sederhana, kurang memiliki fitur SEO, kurang terlihat seperti website yang profesional, serta kekurangan lainnya yang mungkin dirasakan masing-masing orang.

Baca Juga: Cara Menyisipkan CSS ke Template Blog

Template blog yang memiliki fitur SEO Friendly saat ini menjadi incaran banyak orang. Apalagi bagi teman-teman yang ingin serius membangun blog. Karena, dengan template yang SEO friendly, blog teman-teman akan dapat dibaca dengan baik oleh mesin pencari seperti Google. Selain itu, tampilannya juga lebih responsif. Bahkan tampilan mobile nya lebih modern bila dibandingkan template bawaan dari Blogger.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Template Blog?

Sebelum memulai memilih template, tentu ada hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger. Hal yang perlu diperhatikan di antaranya, cek kecepatan muat template blog. Teman teman bisa mencari website untuk mengetes kecepatan blog di Google. Website yang umum digunakan untuk mengecek kecepatan website contohnya GTMetrix dan Google PageSpeed.

Berikutnya, cek apakah template yang digunakan mobile friendly. Artinya blog teman-teman dapat dimuat di ponsel dengan baik juga.

Kemudian, pastikan SEO Friendly. Terdapat properti yang mendukung untuk optimisasi mesin pencari, contohnya, ketika membuka halaman salah satu postingan, yang akan tampil sebagai judul website adalah judul postingan itu. Teman-teman bisa lihat di tab browser teman-teman.

Selanjutnya, tampilan sederhana, modern, dan mudah dibaca. Tidak banyak menggunakan efek yang macam-macam. Tujuannya agar pembaca tetap nyaman ketika membaca di blog teman-teman.

Baca Juga: Cara Memnambahkan Widget HTML diBlog

Cara Upload Template ke Blogger

Berikut ini, saya akan memberikan langkah-langkah sederhana untuk mengupload template blog yang baru.

Pertama, pastikan teman-teman memiliki blog terlebih dahulu. Jika teman-teman belum dan ingin memiliki blog, teman-teman bisa membaca artikel tentang Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru.

Kedua, ekstrak file ZIP dari template blog yang sudah didownload.

Ketiga, setelah login ke Blogger, teman-teman akan masuk ke dashboard. Pilih menu Theme di sebelah kiri. Lalu akan tampil berbagai template Blogger dan template yang teman-teman pakai.

Keempat, di bagian atas, akan tampak template yang digunakan. Terdapat tombol bertuliskan Customize atau Kustomisasi. Di sebelahnya ada panah kecil mengarah ke bawah, klik, lalu pilih Restore atau Pulihkan.

Cara-upload-template-blog
Mengupload Template Blog

Cara-upload-template-blog
Upload Template Blog

Kelima, klik tombol Browse, cari file template di dalam folder yang sudah diekstrak tadi. File template blog memiliki ekstensi .XML. Lalu Upload.

Cara-upload-template-blog
Memilih Template File XML

Keenam, template blog teman-teman sudah berubah. Teman-teman bisa melakukan pengaturan lanjutan jika ingin mengubah tampilan tema blog teman-teman.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Blog yangMudah

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara upload template ke Blogger. Semoga, tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman yang akan mengembangkan blog secara serius serta ingin mencari uang dari blog.

Jangan lupa baca artikel yang insyaAllah bermanfaat lainnya untuk belajar kerja di rumah, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post