Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah, menurut perspektif saya berdasarkan pengalaman yang saya alami. Perlu diingat, setiap orang memiliki pengalamannya masing-masing. Bisa saja, pengalaman saya berbeda dengan apa yang orang lain rasakan ketilka bekerja dari rumah. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang baru akan terjun di pekerjaan ini, mohon juga mencari referensi pengalaman dari orang lain juga, agar bisa memiliki lebih banyak pertimbangan.

Daftar isi:

Kerja dari rumah
Ilustrasi Kerja dari Rumah

Bekerja dari Rumah

Apa sih maksudnya bekerja dari rumah? Maksudnya ialah, ketika kita bekerja, menghasilkan uang, atau profesi kita dilakukan cukup di rumah saja, tidak perlu keluar. Mungkin, hanya cukup menggunakan gawai (gadget) yang kita miliki, seperti smartphone, tablet, atau laptop dan PC. Itu gambaran umumnya.

Jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah tentu sangat beragam. Bisa saja pekerjaan itu adalah pekerjaan tetap, atau mungkin juga paruh waktu atau freelancing. Jadi, kedua kelompok pekerjaan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ya, berdasarkan uraian sebelumnya, di sini, saya akan membagi kelompok pekerjaan dari rumah ini menjadi pekerjaan tetap, pekerjaan paruh waktu atau freelance, dan saya beri satu kelompok lagi yaitu berjualan. Semuanya akan saya jelaskan di artikel terpisah nantinya.

Dari beberapa jenis pekerjaan yang saya sebutkan sebelumnya, dalam tulisan ini saya akan menjelaskan gambaran umum kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah di jenis-jenis pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Internet

Kelebihan Bekerja dari Rumah

Bisa dilakukan di rumah saja, tidak perlu bepergian. Hali ini tentu akan bermanfaat di masa pandemi COVID-19 atau yang ingin menghemat pengeluaran untuk bensin hariannya.

Bisa mendekorasi tempat kerja sesuai keinginan. Karena pekerjaan bisa dilakukan di rumah saja, tentu teman-teman butuh tempat kerja yang nyaman untuk bekerja sehingga teman-teman betah untuk berjam-jam di depan komputer atau laptop. Teman-teman bisa mendekorasi sendiri tempat kerja teman-teman sesuai keinginan dan kenyamanan masing-masing.

Bisa dekat dengan keluarga. Ya, karena hanya bekerja di rumah, teman-teman bisa dekat dengan keluarga, bisa dekat dengan istri dan anak. Apalagi buat para istri, tidak perlu khawatir kalau suaminya main belakang dengan yang lain. Hehe. Tapi memang harus sabar karena mungkin para istri akan diduakan suami dengan laptopnya.

Waktu yang fleksibel. Beberapa pekerjaan dari rumah tidak terlalu terikat waktu, jadi teman-teman dapat melakukan aktivitas lain di sela-sela waktu senggang. Namun, ada juga pekerjaan yang memiliki aturan waktu, meskipun teman-teman bekerja dari rumah, misalnya saja jika teman-teman memiliki pekerjaan tetap di sebuah perusahaan besar yang membolehkan kerja jarak jauh. Tentu akan ada kontrak kerjanya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Kekurangan Bekerja dari Rumah

Perlu biaya internet. Meskipun teman-teman sudah bisa menghemat biaya bensin, tapi karena pekerjaan teman-teman melalui jarak jauh, tentu memerlukan koneksi internet. Jadi, tetap harus ada biaya tersendiri untuk berlangganan internet atau membeli kuota.

Jadi omongan tetangga. Inilah hal yang mungkin unik tapi juga kadang menjengkelkan. Tetangga, apalagi di wilayah perkampungan, mungkin saja bisa curiga kenapa kita bisa mendapatkan uang yang cukup banyak, padahal tidak pernah kerja keluar. Karena notabene orang-orang di kampung taunya kalau bekerja itu keluar. Ya mungkin perlu sedikit pemahaman jika ada yang menanyakan kepada teman-teman. Mungkin lebih parahnya bisa dituduh sebagai babi ngepet, atau melihara tuyul, hehehe.

Orang tua akan bingung menjawab jika ditanya anaknya kerja apa. Hampir sama seperti kekurangan sebelumnya, ini bisa jadi keunikan yang mungkin menjengkelkan bagi orang tua. Mohon maaf seelumnya, biasanya, orang tua hanya tau kerja itu keluar, jadi pegawai, PNS, dan sebagainya. Jadi, jika teman-teman memutuskan bekerja dari rumah, teman-teman juga mungkin harus memberi pemahaman kepada orang tua. Ada pengalaman saya bertemu seorang bapak saat sedang di dalam bus. Beliau bercerita, anaknya kerjanya di kamar terus. Jadi dia bingung kalau dia ditanya temannya anaknya kerja di mana. Bahkan mungkin malu dan ingin anaknya kerja di luar. Lalu saya coba beri sedikit pemahaman karena saya pun kerja dari kamar, seperti anak si bapak. Alhamdulillah, orang tua saya memahami dan mendukung ketika saya memutuskan untuk bekerja di rumah.

Kadang pendapatan tidak stabil. Hal ini dirasakan oleh pekerja freelance dan penjual secara daring. Untuk pekerja tetap jarak jauh, mungkin pendapatan mereka leih stail. Oleh karena itu, kita harus tetap semangat dan tekun jika sudah memutuskan untuk menggekuti pekerjaan dari rumah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kerja Tetap di Rumah

Penutup

Demikian kelebihan dan kekurangan bekerja dari rumah secara umum. Akan tetapi, setiap jenis pekerjaan dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Teman-teman bisa membaca artikel tentang kelebihan dan kekurangan menjadi pekerja tetap dari rumah, Kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer dari rumah, dan kelebihan dan kekurangan menjadi penjual daring dari rumah, di artikel berikutnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Rumah

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman dan menjadi pertimbangan sebelum memutuskan jika ingin bekerja dari rumah. Jangan lupa baca artikel lainnya tentang macam-macam pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah baik itu online atau offline, serta beragam tips dalam bekerja, hanya di AwResume.


Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post