Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online dari Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online dari Rumah - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Di artikel kali ini, saya akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan berjualan online dari rumah. Berjualan barang dari rumah bisa menjadi alternatif bagi teman-teman untuk menghasilkan uang dari rumah. Berjualan barang dari rumah bisa berupa barang yang kita buat sendiri seperti kerajinan atau makanan dan kue, kulakan barang seperti aju dan tas, menjual kembali atau reselling, atau menjadi dropship. Masing-masing cara berjualan tersebut akan saya jelaskan di artikel yang berbeda.

Daftar Isi

Berjualan barang dari rumah tentu tak lepas juga dari gawai yang akan kita gunakan setiap hari, karena pemasarannya tentu akan melalui online atau daring (dalam jaringan). Berjualan barang dari rumah bisa dilakukan oleh siapa saja, laki-laki maupun perempuan, ibu rumah tangga maupun pekerja. Berjualan secara daring juga bisa menjadi pekerjaan utama maupun sampingan. Oleh karena itu, berjualan ini tidak saya masukkan ke freelance, karena banyak juga yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online
Ilustrasi Jualan Online

Kelebihan Berjualan Online

Berjualan secara daring memiliki keleihan yang cenderung sama dengan jenis pekerjaan lainnya. Keleihan-keleihan berjualan daring dari rumah di antaranya:

Bisa dilakukan di rumah. Teman-teman bisa melakukan stok barang hanya di rumah saja. Karena zamn sekarang kegiatan jual beli tidak hanya di toko, di mall, atau di pasar saja, teman-teman bisa membuat toko sendiri secara daring hanya melalui smartphone.

Tidak terikat waktu, teman-teman bisa lebih santai, kecuali jika sedang banyak pesanan.

Tidak terlalu dicurigai tetangga seperti ngepet atau tuyul, karena mungkin bisa terlihat oleh tetangga kalau teman-teman berjualan. Tidak seperti pekerjaan freelance atau pekerjaan tetap yang mungkin biasa orang lakukan di kamar, berjualan secara daring dapat teman-teman lakukan di ruang tamu, bahkan teras rumah. Bahkan, teman-teman dapat mempromosikann jualan teman-teman tidak hanya daring, tapi juga ke tetangga.

Bisa dekat dengan keluarga juga tentunya. Seperti pekerjaan dari rumah umumnya, berjualan secara daring bisa leih dekat dengan keluarga karena hanya di rumah. Kecuali, jika teman-teman adalah ibu rumah tangga yang suaminya bekerja kantoran, tetap sendiri di rumah, hehe. Ya, minimal ada anak yang menamani, atau anggota keluarga lain.

Tidak terikat kontrak. Berbeda dengan pekerja tetap yang memiliki kontrak kerja dan waktu kerja, teman-teman bisa berjualan sesuai keinginan taman-teman. Bahkan, teman-teman bisa membuat kontrak kerja untuk karyawan teman-teman ketika mulai kewalahan menghadapi banyaknya orderan.

Penghasilan bisa relatif besar, jika barang teman-teman laku keras, jika belum, tetap tekun dalam berjualan.

Itulah gambaran kelebihan umum berjualan secara daring. Selain kelebihan-kelebihan itu, tentu ada juga kekurangan yang mungkin bisa jadi pertimbangan teman-teman.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Kekurangan Berjualan Online

Selain kelebihan-kelebihan yang mengkin menggiurkan di atas, tentu ada pula kekurangan-kekurangan yang patut juga menjadi pertimbangan teman-teman. Kekurangan itu di antaranya:

Modal. Ya, untuk berjualan, baik itu daring atau luring, tentu memerlukan modal. Jika ingin memutuskan berjualan produk sendiri, tentu dibutuhkan modal biaya produksi. Jika ingin reseller, tentu dibutuhkan modal untuk stok barang. Jika ingin dropship pun tentu butuh modal, ketika ada yang pesan ke kita, kita harus mencarikannya terlebih dahulu dari supplier, kita harus menalangi dahulu, terutama sistem rekening bersama marketplace, baru uang bisa kita tarik setelah pembeli mengonfirmasi menerima pesanan (meskipun pembeli sudah membayar di awal, tapi uang masih tertahan). Selain itu, belum modal iklan media sosial atau marketplace agar barang kita mudah dilihat orang. Banyak atau sedikitnya modal yang dikeluarkan, kita tetap harus menyiapkan dana jika ingin memulai berjualan secara daring.

Ada kemungkinan rugi, terutama jika kita produksi barang atau membeli stok terlebih dahulu. Jadi, harus dipersiapkan dengan matang bagaimana teknik pemasarannya. IsyaAllah, saya juga akan memberi tips dan trik mengenai berjualan secara daring di artikel berikutnya.

Penghasilan tidak menentu, bergantung pada kondisi saat itu. Terutama untuk produk musiman seperti perlengkapan hari raya, baju muslim untuk lebaran, atau ketika ada promo hari belanja online nasional. Untuk barang-barang keutuhan umum mungkin bisa mendapatkan penjualan yang lei stail, apalagi kalau toko kita sudah terpercaya.

Perlunya optimasi yang baik agar toko banyak dikunjungi. Jika ingin segera dikenal luas, baik produk maupun toko karus bisa dioptimasi dengan baik. Jika hanya asal-asalan, mungkin saja penjualan teman-teman tidak akan berkembang.

Itu tadi kekurangan umum yang mungkin akan dialami oleh para penjual secara daring. Namun, tentu jika teman-teman ertekad serius menjalankan bisnis ini, insyaAllah teman-teman akan menikmati hasilnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kerja Tetap di Rumah

Penutup

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan berjualan secara daring dari rumah. Semoga dapat menjadi pertimbangan dan bisa mempersiapkan semuanya lebih baik jika ingin terjun ke pekerjaan ini.

Jangan lupa baca juga tentang Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Tetap dari Rumah, serta Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang bekerja dari rumah, tips dan trik kerja dari rumah, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post