Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Appen dan Cara Dapat Uang dari Appen

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Appen dan Cara Dapat Uang dari Appen - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan bekerja di Appen, serta bagaimana cara mendapat uang di Appen. Tulisan ini ditujukan buat teman-teman yang pernah mendengar perusahaan Appen dan penasaran lebih jauh tentang mencari uang dengan bekerja di Appen

kelebihan-dan-kekurangan-kerja-di-appen
Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Appen

Dalam artikel berikutnya, saya juga akan memberikan pengalaman saya mendaftar di Appen hingga memulai kerja. Semoga, semua tulisan saya tentang Appen ini bisa membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi teman-teman. Namun, sebelum membaca pengalaman saya, alangkah baiknya jika teman-teman membaca artikel ini, sebagai pertimbangan sebelum memulai mendaftarkan diri di Appen.

Daftar Isi

Apa itu Appen?

Sebelumnya saya sudah menulis apa itu perusahaan Appen, teman-teman bisa langsung membaca di tulisan saya yang berjudul Pekerjaan Online Terbaik yang Terbukti Menghasilkan – Kontraktor Independen Appen dan Lionbridge.

Di sini saya akan mengulas sedikit lagi apa itu Appen. Appen adalah salah satu perusahaan besar, yang di websitenya tertulis berpusat di Australia. Dulunya namanya adalah Leapforce. Perusahaan ini memiliki klien perusahaan-perusahaan teknologi besar lainnya, sebut saja raksasa teknologi Facebook dan Google. Appen menyediakan pekerja-pekerja lepas namun dengan kontrak kerja, yang disebut independent contractor atau dalam bahasa Indonesianya kontraktor independen yaitu kita yang mendaftar, untuk membantu perusahaan-perusahaan itu membantu menerjemahkan dan mengevaluasi data dari penggunanya, misalnya dari posting sosial media atau dari hasil pencarian mesin pencari, yang nanti akan disebut sebagai Social Media Evaluator dan Search Engine Evaluator.

Selain proyak dari perusahaan tadi, ada pula proyek pengumpulan data untuk teknologi Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan, maupun proyek yang berkaitan dengan bahasa seperti penerjemahan. Karena, Appen memiliki klien dari banyak perusahaan.

Dengan kata lain, Appen bekerja seperti sebuah perusahaan outsourcing di bidang teknologi.

BACA JUGA: Pengalaman Satu Tahun Kerja di Appen

Apa Keuntungan Kerja di Appen?

Saya akan menjelaskan keuntungan yang saya rasakan pribadi. Keuntungannya ialah, kita bisa mendapatkan penghasilan dari rumah hanya mengandalkan laptop atau komputer saja. Kemudian, rate atau kisaran gaji, terutama wilayah market Indonesia, untuk pekerjaan per jamnya cukup besar. Meskipun untuk market luar negeri seperti Amerika Serikat bisa tiga kali lipat lebih besar, tapi menurut kebutuhan kita, rate Indonesia sudah cukup. Memang akan ada perbedaan kisaran gaji bagi tiap-tiap negara karena berdasarkan kategori negara tersebut, misal US merupakan negara maju dengan rata-rata pendapatan yang tinggi dan biaya hidup besar dibandingkan dengan Indonesia negara berkembang dengan rata-rata gaji jauh di bawah US dan biaya hidup lebih rendah, tentu akan berbeda. Ya alhamdulillah, sebulan bisa lah beli laptop gaming. Tapi tergantung proyek apa yang kita kerjakan. Jumlah yang didapat tiap orang akan berbeda.

BACA JUGA: Cara Mendaftar Akun SRT saat kerja di Appen

Keuntungan lainnya, bisa bekerja kapanpun, tidak terlalu terikat waktu. Bisa dikerjakan pagi, siang, atau malam. Yang penting, sebisa mungkin memenuhi target per hari, misal maksimal kerja empat jam, saya maksimalkan biar penghasilan maksimal.

Selanjutnya, tidak memerlukan keahlian khusus atau sarjana bidang tertentu. Bahkan, saya menemukan di forum chat karyawan, ada yang masih High School. Setiap pekerjaan akan memiliki guideline masing-masing yang wajib dipelajari, jadi tidak memerlukan kualifikasi pendidikan tertentu. Namun, lain halnya jika mendaftarkan di proyek bahasa, kadang ada kualifikasi di bidang pendidikan dan pengalaman.

Kemudian, bisa mendaftar di beberapa proyek di Appen. Dengan ini, kita bisa menambah penghasilan kita. Tidak hanya berasal dari satu proyek.

Bisa dibarengi dengan kerja lainnya. Jadi, teman-teman bisa tetap bekerja lainnya, misalnya jualan, di kantor, atau yang lain, dan juga kerja di Appen. Teman-teman bisa kerja lainnya saat siang hari, lalu kerja untuk Appen saat malam atau pagi harinya. Tapi, saya tidak menyarankan teman-teman kerja di Appen saat sedang di kantor. Karena melanggar etos kerja karena teman-teman di kantor dibayar dan diberi fasilitas internet hanya untuk kerja untuk perusahaan itu, bukan untuk yang lainnya, dan juga kebanyakan proyek di Appen adalah confidential atau bersifat tertutup hanya bagi pekerja saja. Selain itu, menghindari IP address yang bentrok atau berubah-ubah saat kerja untuk Appen.

Baca Juga: Tips Penting Selama Kerja di Appen

Kekurangan Bekerja di Appen?

Selain keuntungan tadi, tentu ada kekurangan yang patut menjadi pertimbangan. Yang pertama, kadang, untuk mendapatkan proyek besar pertama cukup sulit dan lama. Saya pernah membaca obrolan di chat karyawan kontraktor independen Appen, ada yang mengatakan ini proyek pertama dia sejak berbulan-bulan mendaftar. Ketersediaan proyek saya kurang tau persis apa yang mempengaruhinya. Asumsi saya di antaranya adalah asal negara, atau memang proyek yang didaftarkan memiliki banyak pendaftar juga.

Ketika sudah masuk proyek, ketersediaan job atau tugas tidak menentu. Saya pernah mengalami satu proyek yang pernah sangat tinggi jumlah kerjaannya, jadi pendapatannya sangaat tinggi juga. Hal ini karena pekerja kontraktor independen di Appen sangat banyak dan harus membagi pekerjaan ke semua pekerjanya, mungkin.  Lalu ada yang tiba-tiba tidak ada pekerjaan, jadi kita harus menunggu informasi selanjutnya dari manajer proyek. Hal ini menyebabkan pendapatan menurun drastis. Ini akan menjadi kekurangan berikutnya, yaitu pendapatan yang tidak menentu.

Pendapatan di Appen memang tidak selalu stabil. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ini tergantung jumlah pekerjaan dari proyek yang kita masuki. Semakin banyak pekerjaan, semakin banyak pula jam kerja, maka semakin banyak penghasilan kita. Jika sedikit, ya kita harus siap dengan menghasilan yang sedikit. Tetap bersyukur ya.

Sebagai kontraktor independen, kita harus siap kehilangan pekerjaan. Ya, semua pekerjaan online memiliki resiko kehilangan pekerjaan, baik itu karena kontrak kita habis, atau memang dikeluarkan karena pekerjaan sudah habis, atau kualitas kerja kita di bawah ekspektasi. Tentunya tanpa pesangon, karena kita bukan karyawan tetap.

Tidak ada yang ditanggung perusahaan. Tidak seperti jika kita bekerja di perusahaan secara nyata, di mana banyak yang ditanggung perusahaan, misalnya kesehata, dan lainnya, kontraktor independen harus siap bekerja dengan bertanggung jawab aatas dirinya sendiri.

Baca Juga: Pengalaman Mendaftar Appen dan Mulai Kerja di Appen

Bagaimana Mendapat Uang dari Appen?

Setelah diterima kerja, kita akan masuk ke halaman proyek. Di situ akan ada beberapa proyek yang bisa kita daftarkan untuk menjadi proyek pertama kita. Nah, jumlah proyek yang tersedia tergantung market juga, bisa banyak bisa sedikit. Bahkan ketika saya mendaftar, hanya tersedia empat proyek. Namun setelah bekerja beberapa bulan, bisa ada 40 proyek yang siap didaftarkan.

Proyek-proyek tersebut ada dua jenis, yaitu dengan bayaran per jam dan bayaran per tugas. Biasanya proyek besar akan membayar kita per jam. Saya menyarankan untuk daftarkan proyek per jam, karena bayarannya akan lebih besar. Kalau proyek yang dibayar per tugas akan menyulitkan kita dan bayarannya tidak sebesar per jam.

Kemudian, jika sudah bisa masuk di proyek, pelajari guidelne proyek tersebut dengan sungguh-sungguh. Tujuannya agar teman-teman bisa bekerja sesuai ekspektasi klien dan tidak akan diputus kerja.

Setelah teman-teman kerja satu bulan, maka akan diakumulasi jumlah pendapatan teman-teman sebagai Invoice. Appen akan membayar kita melalui Payoneer. Dari Payoneer, baru bisa kita tarik ke bank lokal. Pembayarannya di website tertulis setiap tanggal 14 tiap bulannya. Tapi seringnya saya menerima sebelum tanggal tersrbut dan tidak pernah lebih dari tanggal 14.

gaji-dari-appen
Bukti Gaji dari Appen

Kontrak kerja teman-teman umumnya adalah 6 bulan. Namun, akan diperbarui secara otomatis dan teman-teman tetap bisa bekerja di Appen, bahkan ada yang mencapai 3 tahun.

Penutup

Demikianlah tulisan saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Appen dan Cara Dapat Uang dari Appen. Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang saya rasakan sendiri selama bekerja di sini. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan itu, saya cukup bersyukur bisa bekerja di sini, karena bisa menjadi sumber tambahan penghasilan untuk keluarga. Semoga, tulisan ini bisa menjadi inspirasi dan pertimbangan bagi teman-teman untuk mendaftar bekerja di Appen.

Baca juga artikel lainnya, hanya di AwResume.

37 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

  1. Terimakasih sudah membagi pengalaman kakak. Aku jadi sedikit tidak khawatir bergabung dengan Appen sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru saya balas, tidak perlu khawatir kakak..

      Delete
  2. terimakasih atas sharing pengalamannya.... bermanfaat sekali bagi kami yang mau gabung di appen... bismillah semoga lancar dan tembus banyak proyek. hehe...

    ReplyDelete
  3. Berkat tulisan kakak, saya jadi mendapat informasi yang bermanfaat. Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih sudah sharing pengalaman kakak. Jika boleh saya bertanya mengenai dokumentasi pajak negara saat apply di appen itu prosedurnya bagaimana ya kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Hai kak mau nanya, baru saja saya mendapatkan email untuk persetujuan independent contractnya. Lalu saya masih agak kurang paham, tapi di appen pastinya tidak akan ada penalti ya yg dikenakan? Thanks

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk tulisannya. Very helpful

    ReplyDelete
  7. trimakasih infonya moga bisa nular juga ke saya

    ReplyDelete
  8. trima kasih,semoga nular ke saya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas sharingnya sangat membantu :D. Aku izin bertanya, kalau akun Payoneer akan dibuat setelah mendapatkan pekerjaan atau sebelum ya? Terima kasih atas perhatiannya :D

    ReplyDelete
  10. Terima kasih sharingnya.. sukses selalu

    ReplyDelete
  11. Terimakasih kak sharingnya. Saya mau bertanya kak, apakah di appen ada penalti nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih sudah berkunjung. Saya izin jawab ya. Appen tidak ada penalti kok. Kalau kakak udah ingin berhenti kerja tidak masalah tidak dibuka lagi. Hanya saja, di Appen ada semacam target minimum, kalau tidak terpenuhi, kakak bisa dihapus dari project yang sedang kakak kerjakan. Biasanya minimum jam kerja dalam sepekan, atau minimum akurasi juga bisa. Kalau kakak dihapus dari project tertentu? tenang, tetap bisa mendaftar di project lainnya. Coba aja daftar dulu baru nanti tahu bagaimana kerjanya. hehe. Kalau mau daftar, bisa juga lewat link referal saya, hitung2 buat beli kopi. Hehe.. ini linknya https://connect.appen.com/qrp/public/jobs?uref=7e40089ca3321000b43141c72219aedc

      Delete
  12. Gimana sih kak cara bikin SRT Account?
    Bingung banget di google ga nemu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya, terima kasih sudah berkunjung. Izin menjawab ya. Untuk SRT, kita akan dikirim Email berisi link undangan pendaftaran, serta Email berisi kode untuk mendaftar. Untuk email kode biasanya masuk ke folder SPAM email kakak. Semoga membantu. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan saja. Hehe

      Delete
  13. halo kak, saya baru mendaftar di appen dan adahalaman projects nya. Sebelum mengerjakan project nya apa kita perlu membuat akun payoneer dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, terima kasih sudah berkunjung. izin menjawab, ya. Kalau akun Payoneer tetap perlu dibuat dulu kak. Nanti ada Email pemberitahuan dari Appen tentang menghubungkan Appen dengan akun Payoneer. Payoneer nanti digunakan untuk menerima gaji. Semoga membantu

      Delete
  14. halo kak, saya baru saja mendaftar di appen dan diarahkan ke halaman projects. untuk email pembuatan akun payoneer itu setelah kita diterima di suatu project apa sebelumnya kak?

    ReplyDelete
  15. Wah terimakasih banyak kak sangat membantu informasinya

    ReplyDelete
  16. halo kak, maaf ingin bertanya untuk laptop yang digunakan nantinya apa harus sistem windows ya? atau terserah laptop apa saja seperti macbook juga bisa?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  17. maaf kak, saya mau tanya. saya sudah joint appen dan sudah dapat project pertama. tapi saat mau mulai work,keterangannya acces denied. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  18. Apakah ada masalah jika IP kita berubah" Kak?

    ReplyDelete
  19. Hi kak mau tanya saya dapat job pertama di appen dg sistem per Task sbg Social Media Evaluator. Berarti saya mengerjakannya kalau setiap dapat tugas saja ya?

    Dan apakah mungkin saya yg masih terikat kontrak dg job (per Task) saya itu, boleh tidak menerima job lain di appen jika ada penawaran baru? Istilahnya boleh double job tidak ya di appen sendiri? Karena kalo mengandalkan job per tugas sedikit sekali penghasilannya :D

    ReplyDelete
  20. Halo kak, mau tanya.. Di surat perjanjian kerja itu tertulis tentang ganti rugi yg diulang berkali2.. Apakah kerja di appen ada resiko kita ganti rugi materi gitu kak.. Kalao iya kan ditakutkan kita secara gak sengaja salah kata atau apa, ternyata berujung merugikan.. Gimana menurut kakak.. Jujur aku takut poin satu ini.. Niat kerja dpt uang malah bisa2 ganti rugi.. Huhu galau.. Mohon jawabannya kak..

    ReplyDelete
  21. Hi ka, saya sudah apply 1 project, tapi tidak ada email dari appen untuk pmebuatan akun payoneer bagaimana ka ? dan jika masuk kualifikasi di 1 project bagaimana kita kerjanya apakah di kirim email dari media atau ?
    mohon penjelasannya ka,, terima kasih

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Halo admin. Terima kasih atas artikel ini, sangat bermanfaat sekali. Saya ingin bertanya min, kira-kira untuk part-time di Appen sendiri, pendapatan yang diperoleh akan dikenakan pajak pendapatan juga tidak ya? Saya baru saja mau sign up akun Appen, tapi syaratnya saya harus bisa menjamin bahwa saya mampu melampirkan dokumen pajak yang legal. Bagaimana ya min?

    ReplyDelete
  24. Wah sangat membantu artikelnya, saya baru saja daftar projek tapi yang dibayar per task, untuk tahun apakah masih bisa ambil beberapa projek di appen? karena kalau ambil job yang di bayar per task sangat kecil penghasilannya, mohon jawabannya kak

    ReplyDelete
  25. Halo, saya mau nanya nih, dari pengalaman kamu waktu transfer uamg dari payonner ke rekening debit bank lokal memakan waktu berapa lama ya?

    ReplyDelete
  26. Boleh tahu proyeknya seperti apa ya kak.
    Apa bisa menggunakan smartphone atau harus computer. Terimakasih ka.

    ReplyDelete
  27. Haloo kaa, saya mau bertanya. Pada saat menyelesaikan kelengkapan informasi, terdapat barcode untuk memastikan bahwa kita mempunyai smartphone. Yang saya ingin tanyakan yaitu, setelah kita menscan barcode tersebut, apakah data pada smartphone kita akan aman ya ka? Terima kasih ka 🙏

    ReplyDelete
  28. Halo kak, sy sudah mendapat 2 projek tetapi cara mengerjakannya seperti apa, dan harus upload dimana, via email kah? Karena di aplikasi tidak menyediakan data unyuk dikirim.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post