Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Tetap atau Remote Job dari Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Tetap atau Remote Job dari Rumah - Assalamu’alaikum, Selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan menjelaskan tentang Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Pekerjaan Tetap dari Rumah, atau Memiliki Pekerjaan Jarak Jauh atau Remote Job. Seperti namanya, pekerjaan tetap berarti jenis pekerjaan yang mungkin akan anda lakukan dalam jangka panjang karena terikat kontrak, serta memiliki gaji yang cukup stabil. Biasanya, pekerjaan tetap ini merupakan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar dan melalui seleksi yang cukup ketat untuk bisa mendapatkannya. Yaa, sama dengan ketika seseorang mendaftar pekerjaan pada umumnya lah. Hanya saja, pekerjaan yang dilakukan bisa dikerjakan secara jarak jauh atau remote.

Daftar isi:

Jenis pekerjaan ini umumnya juga menjadi idaman banyak orang. Karena, tidak perlua mengeluarkan ongkos untuk perjalanan pulang-pergi setiap hari, seseorang sudah dapat bekerja dari rumah dengan bayaran yang umumnya besar, jika dari perusahaan besar. Namun, tentu seleksinya akan sangat sulit.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

Umumnya, jenis pekerjaan ini adalah pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Jenis pekerjaan umum yang bisa dilakukan secara jarak jauh di antaranya programming, web developing (baik itu frontend developer maupun backend developer), data scientist, desain grafis, dan masih banyak lagi. Bahkan, saat ini, tidak selalu pekerjaan berbasis programming komputer saja yang bisa dilakukan dari rumah. Jika saya lihat di situs penyedia lowongan pekerjaan jarak jauh, ada pekerjaan lain seperti analis bisnis, customer service representative, serta konsultan, yang juga bisa dilakukan secara jarak jauh.

Kerja dari Rumah
Ilustrasi Kerja dari Rumah

Kelebihan Pekerjaan Tetap Jarak Jauh

Masuk ke inti, mengenai kelebihan pekerjaan jarak jauh. Jika ditilik dari jenis pekerjaan dan cara bekerjanya, pekerjaan tetap dari rumah memiliki keleihan yang bisa saya simpulkan sebagai berikut:

Tidak memerlukan biaya bensin untuk pulang-pergi kerja.

Bisa dilakukan di rumah, sehingga bisa lebih dekat dengan keluarga, apalagi yang sudah bekeluarga.

Gaji besar, meskipun tidak perlu pergi ke kantor. Umumnya, pekerjaan jarak jauh di bidang teknologi memberikan gaji yang lumayan besar, apalagi di bidang pemrograman. Tentu ini sesuai dengan kerumitan dan keahlian teman-teman. Jika ingin mendapatkan pekerjaan seperti ini, teman-teman harus benar-benar rajin belajar dan praktek setiap hari. Jangan lupa zakat ya kalau harta tabungannya sudah sampai nisabnya.

Bisa mendekorasi kantor sendiri senyaman kita. Ruang kerja yang nyaman akan berpengaruh pada pekerjaan kita. Karena bekerja di rumah, teman-teman bisa mendekorasi ruang kerja sesuai kenyamanan dan kebutuhan teman-teman.

Beberapa pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tapi ada pula yang memiliki kontrak waktu kerja. Jadi, perhatikan kontrak kerja teman-teman saat mendaftar dan ketika memulai kerja ya.

Berdasarkan beberapa kelebihan di atas, tentu sudah terbayang betapa indahnya kerja di rumah, apalagi jika kita memiliki pekerjaan tetap dan gaji yang besar. Namun, jangan lupa pertimbangkan juga kekurangan-kekurangan yang mungkin akan terjadi jika teman0teman memilih untuk bekerja dirumah, atau mencari pekerjaan tetap di rumah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Kekurangan Melakukan Pekerjaan Tetap di Rumah

Setelah saya menuliskan beberapa kelebihan di atas, tidak afdhol jika tidak menyampaikan kekurangannya. Karena tidak semua orang akan nyaman dengan kekurangan yang mungkin akan terjadi. Kekurangan melakukan pekerjaan tetap di rumah yang dapat saya simpulkan di antaranya:

Meski tidak memerlukan biaya bensin, namun tetap harus menyisihkan biaya bulanan untuk kuota internet atau berlangganan internet. Karena biasanya pekerjaan tetap jarak jauh melakukan meeting menggunakan video conference yang memerlukan kupta cukup besar.

Jadi omongan tetangga, bisa dikira ngepet atau pelihara tuyul karena ga pernah keluar rumah, tapi memiliki penghasilan. Terutama yang hidup di kampung. Hehe.

Kurang sosialisasi.

Susah bertemu rekan kerja, karena biasanya pekerjaan jarak jauh berasal dari perusahaan di luar negeri sana.

Harus bisa mengatur waktu dengan baik.

Mungkin kurang tidur malam. Karena umumnya perusahaan berada di luar negeri (misalnya US) yang memiliki peredaan waktu cukup signifikan.

Sangat sulit diterima kerja, kecuali yang memiliki kualifikasi atau keleihan di bidang tertentu yang dapat dibuktikan. Lebih sulit lagi jika teman-teman tidak bisa berbahasa Inggris.

Itu tadi beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi pertimbangan teman-teman jika ingin mencari pekerjaan tetap yang dapat dikerjakan secara jarak jauh. Namun, dari semua kekurangan itu, tentu dapat kita siasati agar kita tetap nyaman bekerja dari rumah. Misalnya, jika kurang bersosialisasi, teman-teman dapat menyiasatinya dengan tetap berhubungan baik dengan tetangga ketika sedang tidak bekerja. Serta siasat lainnya, menyesuaikan kebutuhan teman-teman semua.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Online dari Rumah

Penutup

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan memiliki pekerjaan tetap dari rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan teman-teman sebelum terjun ke dunia pekerjaan ini. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah, dan Kelebihan danKekurangan Berjualan Secara Daring dari Rumah.

Sekian dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya tentang kerja dari rumah, tips dan triknya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post