Kesalahan Umum Blogger Pemula

Kesalahan Umum Blogger Pemula - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan membahas tentang Kesalahan Umum Blogger Pemula. Sebagai informasi, apa yang saya tulis berdasarkan pegalaman pribadi saya sendiri. Sehingga, mungkin pengalaman dan pendapat tiap-tiap orang akan berbeda. Tujuan saya menulis dan membagi pengalaman ini adalah untuk memberikan gambarann, inspirasi, serta motivasi agar teman-teman yang mungkin mengalami satu atau beberapa kesalahan ini bisa kembali bersemangat membangun blog.

Daftar Isi

kesalahan-umum-blogger-pemula
Kesalahan Umum Blogger Pemula

Intro

Oke, ketika masih awal-awal membuat blog, tentu wajar jika seseorang mengalami kesulitan. Saya memulai blog pertama saya pada tahun 2009, saat itu saya masih duduk di kelas satu SMP. Saya mengenal Blogger dari kakak kelas saya, yang mengatakan bahwa blog bisa menghasilkan uang. Ya mungkin mustahil bagi saya dahulu yang masih bocah untuk membangun blog profesiona, apalagi bisa diterima AdSense. Namun, benar saja, saya penasaran dan mulai belajar tentang AdSense. Ketika saya diajak ke toko buku Gramedia, saya mencari buku AdSense dan tutorial blog lainnya. Kalau sedang ada uang, saya bisa membelinya. Karena uang saya terbatas, seringnya saya membawa buku atau kertas lalu mencatat isi buku yang saya ingin tahu, tapi tidak bisa membelinya. Hal tersebut sudah berlangsung beberapa kali.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Terbaru

Lalu, jika saya ingin posting Blog, saya harus pergi ke warnet, atau ketika pelajaran TIK di sekolah. Meskipun saya sadar mustahil bagi saya langsung mendapat uang dan diterima AdSense, tetap ada rasa bangga karena bisa belajar HTML tanpa sengaja, serta memiliki website sendiri.

Semakin ke depan, saya semakin sering post blog lama saya, tapi masih campur aduk isinya. Hal tersebut membuat saya berniat membangun blog lebih serius. Nah di sini permasalahan dan kesalahan-kesalahan mulai muncul.

Kesalahan Umum Blogger Pemula

Ketika niat membangun blog mulai muncul sungguh-sungguh, saya mulai berangan-angan cukup tinggi. Saya membayangkan saya bisa menulis rutin sampai lima artikel tiap hari, lalu tulisan saya langsung dilihat banyak orang, langsung diterima AdSense, langsung dapat duit, dan semuanya serba cepat. Hal inilah yang justru memicu masalah berikutnya, yaitu malas. Di awal, memang benar bisa menulis rutin di blog. Akan tetapi, setelah beberapa hari, semangat itu tiba-tiba redup dan menjadi malas. Karena, ketika saya merasa “mudah” menulis cepat untuk blog, di situ saya mulai menggampangkan. Akhirnya? Ya jadi malas.

Selain itu, malas itu juga dipicu karena saya yang tidak mau belajar, terutama mengenai teknik menulis untuk SEO. Saya tidak terlalu memperhatikan kata kunci dan letak kata kuncinya di dalam postingan. Padahal, hal itu akan berpengaruh pada hasil pencarian di mesin pencari.

Ada lagi hal yang menjadi kesalahan saya saat awal-awal menulis blog. Saya sering berganti-ganti template, atau mengedit HTML tampilan blog. Padahal, hal ini tentu tidak baik untuk blog karena akan membuat bingung mesin pencari. Menurutnya, sebaiknya kita memasang template yang SEO friendly langsung dan tidak perlu repot untuk memodifikasinya sendiri menjadi SEO friendly.

Lalu yang terakhir, mungkin bukan saya alami secara langsung, tapi saya menemukannya di grup Facebook Blogger. Mungkin beberapa orang pernah melakukannya, apalagi yang memiliki modal, yaitu membeli apapun sebelum dipelajari. Biasanya, orang yang baru memulai membangun blog secara serius akan mencari informasi tentang apapun yang bisa meningkatkan trafik ke blog. Sebagai contoh, banyak yang menawarkan jasa backlink dengan biaya tertentu. Mungkin bagi pemula akan terlihat menarik untuk membeli jasa backlink. Namun, kadang ada yang belum mengerti bagaimana cara kerja backlink, baaimana backlink yang bagus, bagaimana cara membangun backlink yang baik. Sehingga, mungkin saja dengan membeli backlink dari pihak ketiga, justru akan berdampak kurang baik bagi blog, misal kualitas backlinknya ternyata tidak bagus, mendapat backlink dari website yang memiliki spam score yang tinggi, dll.

Baca Juga: Cara Membuat Baca Juga di Tengah Postingan

Bagi yang sudah mempelajarinya, atau sudah expert, sudah tahu mana backlink yang baik, mana yang cocok dibeli dan tidak, sehingga sudah bisa menyaring sebelum memutuskan untuk membeli jasa backlink.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memakai jasa orang, coba pelajari dahulu cara kerjanya. Atau, mungkin bisa dipelajari dahulu cara membangunnya sendiri, sehingga bisa mengidentifikasi mana yang baik atau yang buruk, serta uang kita tidak terbuang sia-sia.

Berdasarkan cerita saya di atas, bisa disimpulkan bahwa kesalahan umum yang mungkin akan terjadi bagi sebagian Blogger pemula adalah:

Berangan-angan tinggi

  • Tidak memperhatikan keyword atau kata kunci saat menulis
  • Bersemangat hanya di awal
  • Tidak mau belajar
  • Malas
  • Sering mengganti template atau tema
  • Ingin beli ini itu untuk blog tanpa tau manfaatnya

Solusinya

Solusi yang bisa saya sarankan kepada teman-teman, serta untuk saya sendiri, pertama niatkan membuat blog untuk berbagi ilmu. Atau, jika memiliki tujuan untuk mencari uang, tetap niatkan untu berbagi, jangan terlalu fokus pada angan-angan yang tinggi yang justru membuat kita menjadi malas. Lalu, pilih topik yang benar-benar teman-teman kuasai. Meskipun bisa membuat blog dengan topik lainnya karena bisa dipelajari di internet, alangkah baiknya untuk memulai menulis, menggunakan topik yang teman-teman banget. Hal ini akan berpengaruh pada ide serta mood dalam menulis.

kesalahan-blogger-pemula
Kesalahan Umum Blogger

Pilih satu template Blog yang benar-benar cocok bagi teman-teman dan SEO friendly, sehingga teman-teman tidak merasa bosan dan ingin ganti-ganti. Lebih baik siapkan modal untuk satu template premium, karena tentu sudah memiiki fitur yang lengkap dan tidak dibatasi.

Fokus saja membangun tulisan yang berkualitas. Lakukan riset mengenai kata kunci serta teknik peletakan kata kunci yang baik dalam tulisan, agar tulisan kita bisa terindex dengan baik di mesin pencari. Usahakan bisa membuat tulisan lebih dari 500 kata. Selain itu, pelajari juga teknik SEO lainnya yang bisa menunjang blog kita, serta pelajari mana yang baik dan yang buruk bagi blog. Pelajari cara membangun backlink yang baik sendiri dulu lalu dipraktekkan. Cari info sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: 15+ Cara Dapat Uang dari Internet

Penutup

Demikian tadi tulisan saya tentang Kesalahan Umum Blogger Pemula. Saya menulis ini saat menjelang tengah malam, jadi mohon maaf jika ada tulisan yang ngelantur atau kurang sesuai. Tidak semua orang melaukan kesalahan yang sama, namun dengan pernahnya kita melakukan kesalahan, kita akan tahu polanya dan solusi terbaik untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

Jangan lupa baca artikel lainnya seputar kerja dari rumah, tips dan trik, serta beragam tutorial penunjang, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post