Pengalaman Mendaftar Appen Sampai Mulai Kerja di Appen

Pengalaman Mendaftar Appen Sampai Mulai Kerja di Appen - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya bekerja di Appen. Saya akan menceritakan bagaimana proses saya mendaftar di Appen hingga diterima kerja di proyek besar pertama saya. Pengalaman saya saya tulis berdasarkan riwayat Email selama proses pendaftaran di Appen, jadi insyaAllah waktunya tepat dan lengkap.

Sebelumnya, saya sudah menulis tentang Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Appen dan Cara Dapat Uang dari Appen. Mungkin, alangkah baiknya teman-teman membaca artikel tersebut terlebih dahulu jika belum, untuk memberikan gambaran dan pertimbangan bagi teman-teman sebelum bekerja di Appen. Jika sudah, bisa lanjutkan membaca pengalaman pribadi saya berikut ini.

pengalaman-daftar-kerja-di-appen
Pengalaman Daftar Kerja di Appen

Daftar Isi

Proses Saya Mendaftar Appen

Saat itu tanggal 7 Agustus 2020. Sebenarnya saya sudah mencari tentang Appen dari beberapa minggu sebelumnya. Namun baru bisa mendaftarkan pada tanggal itu. Karena harus mempersiapkan berkas untuk diupload ke Appen. Yang perlu disiapkan yaitu CV. Ya, meskipun menjadi kontraktor independen, teman-teman juga perlu membuat CV yang bagus untuk bisa diterima. Jujur, sebelum tanggal ini, saya pernah mendaftar Appen, pada bulan Maret kalau tidak salah. Namun, karena baru melihat info tentang Appen daya langsung buru-buru bikin CV seadanya. Akhirnya, setelah menunggu beberapa minggu, ada informasi ke email bahwa pendaftaran saya ditolak. Maka setelah itu saya mulai menyiapkan desain CV yang bagus dan profesional untuk mendaftarkannya kembali.

BACA JUGA: Pengalaman Satu Tahun Kerja di Appen

Tanggal 26 Agustus 2020. Saya menerima Email dari kualifikasi Appen. Email ini isinya berbeda dengan waktu saya ditolak dahulu. Email ini isinya tentang kita diminta melengkapi dokumen yang disediakan di website Appen. Jadi, saya pikir saya diterima. Saya besyukur saat itu. Kemudian, saya lengkapi dokumen tersebut.

Lolos Pendaftaran Appen

Tanggal 27 Agustus 2020. Saya mendapat email untuk kualifikasi proyek pertama. Di sini artinya saya sudah diterima kerja di Appen, namun harus masuk salah satu proyek untuk mulai mendapatkan uang. Saya mendaftarkan ke semua proyek yang ada, karena saat itu hanya sedikit. Lalu menunggu balasannya.

Tanggal 9 September 2020. Saya lolos di proyek pertama saya. Proyek ini merupakan proyek mikro di mana akan dibayar per tugas yang dikumpulkan. Saat itu tugasnya adalah mengumpulkan foto. Karena saya agak malas, saya tidak mengerjakan semua tugasnya secara langsung.

Tanggal 10 September 2020. Saya mendapatkan email bahwa saya sudah melalui semua kualifikasi, termasuk mendaftar proyek pertama dan bisa mulai bekerja di Appen. Selain itu, saya juga mendapatkan email untuk setting akun Payoneer ke Appen untuk menerima pembayaran. Karena saya sudah memiliki akun Payoneer untuk menerima pembayaran Fiverr, saya tinggal menghubungkannya ke Appen. Jika belum punya, teman-teman bisa mendaftar Payoneer terlebih dahulu.

Meskipun sudah mempunyai proyek pertama untuk dikerjakan, saya masih menunggu proyek besar yang dibayar per jam yang juga saya daftarkan di awal. Tapi, sampai tanggal 17 September 2020, saya belum mendapatkan jawaban. Jadi saya agak pesimis.

Baca Juga: Tips Penting Selama Kerja di Appen

Lolos Proyek Besar Pertama

Tanggal 18 September 2020. Saya mendapatkan balasan email dari proyek besar tadi. Proyek ini adalah proyek social media evaluator, di mana saya akan mengevaluasi posting dari sosial media. Dalam email tersebut, saya diminta melakukan kualifikasi untuk bisa diterima proyek dan diberi juga guideline nya. Saya langsung download dan baca dengan serius guideline tersebut. Karena ini proyek besar pertama saya, saya takut tidak lolos dan tidak jadi dapat bayaran besar, hehe.

Namun, ternyata tes kualifikasi yang diberikan sangat mudah, hanya 15 soal pilihan ganda yang bisa kita temukan jawabannya di guideline lalu saya dinyatakan lolos saat itu juga. Setiap proyek memiliki kualifikasi berbeda-beda, ada yang mudah adayang sulit.

Setelah itu, saya mendapat email selesai kualifikasi dan mengecek halaman proyek tadi. Saya baca, saya masih harus menunggu sampai entah kapan untuk dimasukkan ke dalam tool untuk menilai postingan sosial media nanti. Sabar. Sambil menunggu kapan saya bisa mulai bekerja, saya isi dengan mendaftar proyek-proyek lainnya, siapa tau ada proyek yang menggiurkan lagi.

Tanggal 1 Oktober 2020. Sudah dua minggu lolos kualifikasi proyek tadi, saya sama sekali belum mendapat informasi sudah dimasukkan ke dalam tool. Entah sampai kapan saya harus menunggu. Bahkan, saya juga belum tahu bagaimana cara bekerjanya nanti.

Mulai Kerja Proyek Besar Pertama

Tanggal 3 Oktober 2020. Akhirnya saya diberi tahu bahwa saya sudah dimasukkan ke tool tadi. Saya bisa segera memulai penilaian. Di sinilah karir Appen saya benar-benar dimulai.

Rangkuman Jangka Waktu Proses Pendaftaran hingga Bekerja

Berdasarkan pengalaman saya, proses pendaftaran Appen sampai diterima adalah sekitar hampir tiga minggu atau 20 hari, yaitu dari tanggal 7 Agustus 2020 sampai 27 Agustus 2020. Lalu, untuk bisa mendapatkan proyek pertama sejak lolos di Appen adalah 12 hari. Kemudian, untuk lolos proyek besar pertama saya sejak lolos Appen adalah 21 hari. Terakhir, jangka waktu saya memulai kerja di proyek besar pertama dari lolos proyek tersebut adalah 16 hari.

Baca Juga: Pekerjaan Online Terbaik yang Terbukti Menghasilkan - Kontraktor Independen Appen dan Lionbridge

Penutup

Demikianlah pengalaman saya saat mendaftar di Appen hingga mulai bekerja di sana. Masing-masing orang mungkin akan mengalami jangka waktu dan proyek yang berbeda-beda. Namun ini bisa menjadi gambaran teman-teman ketika hendak mendaftar di Appen.Mohon maaf, saya tidak bisa menyebutkan nama proyek dan rate gajinya di luar Appen, karena sudah ada peraturan seperti itu dari perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

Jangan lupa baca artikel saya lainnya, hanya di AwResume.

3 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

  1. kak, dokumen apa aja yang harus disiapkan selain CV? Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Halo kak. Artikelnya bagus dan jelas. Untuk CV apakah dibuat seperti contoh2 yang banyak di internet? Atau kakak ada tips? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo kak. Saya sudah mendaftar di 7 Project yang bayarannya per/hour. Yang saya tanyakan, kakak mendaftar berapa project itu yg akhirnya keterima 2 itu? Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post