Pengertian Kartu Prakerja, Manfaat, dan Kekurangan Kartu Prakerja

Pengertian Kartu Prakerja, Manfaat, dan Kekurangan Kartu Prakerja - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang Apa itu Kartu Prakerja dan manfaaat serta kekurangannya. Artikel ini bertujuan bagi teman-teman yang mungkin sedang menganggur serta ingin mendaftar program kartu Prakerja dan ingin mengetahui lebih jauh tentang program ini.

pengertian-prakerja
Penertian kartu Prakerja

Sebenarnya, selain orang yang menganggur, orang yang sudah bekerja, karyawan, dan yang terkena PHK juga bisa mengikuti program pemerintah ini. Namun, diprioritaskan bagi teman-teman yang tidak bekerja dan korban PHK di pekerjaan sebelumnya, terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

Daftar Isi

Apa Itu Kartu Prakerja

Pengertian kartu Prakerja yatu salah satu program pemerintah berupa pemberian pelatihan gratis dan insentif bagi masyarakat, bagi yang memiliki kartu Prakerja ini. Program kartu Prakerja ini sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu, tepatnya pendaftaran dimulai di bulan April 2020. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19, baik itu yang kesulitan mendpatkan kerja hingga yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK oleh perusahaan. Program kartu Prakerja ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, meningkatkan daya saing, serta produktivitas angkatan kerja.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Terbaru

Manfaat Kartu Prakerja

Jika teman-teman dapat lolos seleksi kartu Prakerja, teman-teman akan mendapatkan beberapa keuntungan. Di antaranya, teman-teman akan mendapatkan bantuan dana pelatihan kerja, untuk mendaftarkan diri di beberapa platform pelatihan yang telah bekerja sama dengan program kartu Prakerja ini. Dana pelatihan yang akan didapat adalah sebesar Rp 1 juta untuk setiap orang. Uang ini tidak dapat dicairkan dalam bentuk apapun, hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan diri di program pelatihan. Teman-teman dapat memilih pelatihan apa saja yang sesuai bagi teman-teman, yang disediakan oleh mitra kartu Prakerja. Misalnya, jika teman-teman ingin meningkatkan skill untuk bisa memulai bekerja di rumah, teman-teman bisa mengambil pelatihan memasak, menjahit, berjualan online, marketing, atau yang lainnya.

Pada tahun 2020, pelatihan yang disediakan hanya dapat diakses melalui online. Hal ini dikarenakan masih ganasnya pandemi Covid-19 yang memaksa kita untuk mengurangi aktivitas tatap muka. Mungkin untuk beberapa pelatihan ini terkesan kurang efektif, karena kita hanya diminta menonton video. Namun, jika kita bisa serius dalam mempelajarinya dan mempraktekkannya langung InsyaAllah ilmu ini akan bermanfaat. Untuk tahun ini, mungkin pemerintah akan berancana membuka pelatihan yang dapat dilakukan secara tatap muka.

Jika saldo pelatihan teman-teman masih sisa dari satu juta itu, teman-teman bisa membeli program pelatihan lainnya hingga saldo habis. Jika tidak dihabiskan, maka uang teman-teman akan kembali ke pemerintah. Namun, tenang saja, insentif tetap akan teman-teman dapatkan meski tidak menghabiskan saldo pelatihan. Jadi, saran saya, teman-teman bisa memilih pelatihan dengan harga yang murah saja, tapi sesuai dengan minat teman-teman, lalu teman-teman bisa mendaftarkannya lagi ke pelatihan lainnya nanti setelah mendapatkan insentif. Karena, menurut saya, setelah saya lihat-lihat mitra pelatihan Prakerja yang ada, yang memiliki harga murah pun cukup baik dan lengkap dibanding beberapa yang memiliki harga mahal. Akan tetapi semua terserah teman-teman.

Selain aldo pelatihan tadi, teman-teman juga akan mendapatkan insentif sebesar 600 ribu rupiah setiap bulannya selama empat bulan. Insentif ini akan diterima oleh teman-teman setelah menyelesaikan pelatihan pertama teman-teman dan sudah mendapatkan sertifikatnya. Insentif akan dikirimkan secara langsung melalui dompet elektronik Link Aja, OVO, GoPay, dan rekening BNI. Dana ini akan teman-teman dapatkan selama empat bulan berturut-turut. Teman-teman bisa memanfaatkan insentif ini sebagai modal untuk memulai membuka usaha dari rumah loh. Jadi, manfaatkan inentif ini dengan sebaik-baiknya ya, teman-teman.

Selain uang-uang tadi, teman-teman juga akan mendapatkan tambahan insentif sebesar 150 ribu rupiah yang akan dibagi sebanyak tiga kali masing-masing 50 ribu rupiah, setelah teman-teman mengisi survey kepuasan yang diberikan oleh program kartu Prakerja.

Menurut penjelasan saya di atas, bisa disimpulkan, total manfaat kartu Prakerja yang akan teman-teman dapatkan jika sudah mengikuti program yaitu 1 juta ditambah empat kali 600 ribu, lalu ditambah 150 ribu, totalnya Rp3.550.000.

Baca Juga: 15+ Ide Usaha Rumahan

Kekurangan Kartu Prakerja

Sekarang, saya akan memberikan ulasan sedikit tentang kekurangan dari program kartu Prakerja, menurut pengalaman yang pernah saya alami. Saya adalah penerima manfaat kartu Prakerja gelombang pertama. Tepatnya, pendaftaran dimulai di bulan April. Mungkin, karena saat itu masih tahap pertama, proses pengumuman kartu Prakerja hingga mendapatkan insentif pertama sangatlah lama. Saat itu, pendaftaran di bulan April, pelatihan baru bisa dimulai di pertengahan Mei, lalu, insentif baru diterima di bulan Juni dan seterusnya. Saat itu, banyak keluhan dari para pendaftar, terutama melalui komentar di Instagram Prakerja sendiri. Karena proses yang terkesan lama.

Namun, sepertinya mulai ke sini, proses kartu Prakerja menjadi lebih cepat. Mungkin, beberapa orang masih tetap akan mengalami proses yang lama atau sulit lolos Prakerja hingga saat ini. Ini berkaitan dengan kekurangan selanjutnya, yaitu banyaknya orang yang mendaftar, sehingga menyebabkan antrian semakin lama, meskipun pemerintah menjanjikan setiap pendaftar akan mendapatkannya.

Kekurangan selanjutnya, pelatihan online dirasa kurang efektif. Karena, kita hanya menonton video. DI luar sana, ada juga orang yang tidak peduli dengan videonya, yang penting dapat uang, pelatihan online hanya formalitas. Mereka hanya memutar sedikit video lalu diskip ke video berikutnya sampai selesai. Saya mendapat info ini dari beragam komentar di akun Instagram Prakerja.go.id. Tentu hal ini tidak sejalan dengan tujuan pemerintah yang ingin meningkatkan skill masyarakat dengan belajar sungguh-sungguh dari pelatihan. Selain itu, banyak yang mengklain bahwa materi pelatihan online sebenarnya bisa dicari di YouTube. Mungkin benar, namun, jika kita teliti lebih dalam, beberapa pelatihan tentu akan memberikan nilai tambah, misal berupa trik-trik rahasia yang tidak ada di internet, atau yang lainnya. Jadi, pilihlah yang sekiranya worth to money, jangan terlalu mahal.

Kemudian, meski pendaftar yang diperbolehkan adalah masyarakat selain PNS dan pegawai pemerintahan, ada kejadian di awal dulu, ada pegawai pemerintahan yang bisa lolos Prakerja ketika hanya iseng mencobanya. Mungkin, ada juga yang lainnya yang tidak mengakui. Hal ini karena menurut saya seleksi kartu Prakerja yang hanya memberikan pertanyaan singkat bisa membuka celah untuk orang menipu. Semouga hal ini sudah diperbaiki pemerintah saat ini, dengan mencocokkan NIK dengan pekerjaan saat ini.

Selanjutnya, ada kejadian juga yang saya temukan di komentar Instagram Prakerja.go.id, bahwa ada yang memiliki akun Prakerja lebih dari satu. Dia mengatakan bahwa dia menggunakan data orang lain untuk mendaftar prakerja. Di sini lebih ke sistem verifikasi yang saya harap bisa lebih diperketat oleh pemerintah. Tentu hal ini juga bisa merugikan orang yang identitasnya dipakai oleh orang lain tersebut. Mungkin juga, hingga saat ini masih ada yang seperti ini. Jadi, mohon pemerintah bisa memperbaikinya.

Baca Juga: 15+ Cara Dapat Uang dari Internet

Penutup

Demikianlah artikel kali ini tentang Pengertian Kartu Prakerja, Manfaat, dan Kekurangan Kartu Prakerja, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, serta mungkin bisa jadi bahan evaluasi jika ada pihak pemerintah yang membaca artikel ini.

Jangan lupa share jika teman-teman rasa ini bermanfaat dan orang lain perlu tau. Serta, jangan lupa baca artikel yang insyaAllah bermanfaat lainnya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post