Peralatan yang Dibutuhkan untuk Kerja Online dari Rumah

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Kerja Online dari Rumah - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Di artikel kali ini, saya akan membahas Peralatan yang dibutuhkan untuk kerja online dari rumah. Jika teman-teman sudah memutuskan untuk berkarir di dunia kerja online dari rumah, tentu akan memutuhkan beberapa persiapan. Persiapan tersebut berupa modal peralatan dan apa saja yang harus dibuat untuk menunjang pekerjaan teman-teman.

Daftar Isi

Kerja Online

Sebelumnya, saya sudah memberikan beberapa contoh pekerjaan apa saja yang bisa teman-teman lakukan secara online dari rumah. Pekerjaan-pekerjaan ini bisa berupa pekerjaan tetap maupun pekerjaan freelance.

Sedikit informasi, umumnya, jika teman-teman sudah berkecimpung di dunia pekerjaan online, teman-teman akan menerima bayaran berupa dolar Amerika (US Dollar). Karena, kebanyakan pekerja Indonesia akan mencari pekerjaan atau klien dari luar negeri karena pendapatannya akan lebih besar jika dibandingkan dengan freelance di Indonesia. Selain itu, para klien dari luar negeri umumnya juga banyak yang menghargai dan memilih pekerja freelance karena para klien hanya perlu membayar jika memakai jasa freelancer, tidak perlu menggaji tiap bulan. Adapun pekerjaan tetap, jika bekerja dengan perusahaan luar negeri, bayarannya akan jauh lebih tinggi.

Baca Juga: 15+ Cara Dapat Uang dari Internet

Di Indonesia sendiri tentu ada juga peluang pekerjaan online jarak jauh, baik itu tetap maupun paruh waktu. Tapi di sini, saya akan menjelaskan kebutuhan secara umum, baik itu untuk bekerja secara lokal maupun internasional.

peralatan kerja dari rumah
Ilustrasi Peralatan Kerja

Kebutuhan yang Perlu Disiapkan Pekerja Online

Niat. Ya, niat merupakan faktor utama yang perlu kita bangkitkan. Jika tidak ada niat, mungkin kita tidak akan betah atau nyaman bekerja dalam bidang apapun.

Mental. Selain niat, mental juga perlu disiapkan. Mental yang perlu disiapkan di antaranya mental bekerja keras, karena setiap pekerjaan tentu punya target, baik itu yang tetap maupun paruh waktu. Jika kita tidak bekerja keras, maka hasil yang didapatkan tidak akan memuaskan. Lalu, mental siap bekerja dalam tekanan. Meskipun tekanan ini tidak seberat jika kerja di kantor. Hal ini berguna bagi freelancer yang bekerja untuk klien dan memiliki deadline serta revisi berkali-kali. Atau, pekerja tetap yang memiliki deadline, jika lewat, teman-teman akan diputus kontrak. Kemudian mentak tidak mudah menyerah. Bekerja secara online memiliki resiko kehilangan pekerjaan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika hal itu terjadi pada teman-teman, teman-teman tidak mudah menyerah untuk mencari lagi atau belajar hal baru.

Selain persiapan batin di atas, tentu diperlukan juga persiapan perlatan untuk bekerja. Peralatan yang dibutuhkan secara umum saya rangkum sebagai berikut:

Koneksi internet cepat dan stabil. Ya, untuk bisa berkomunikasi dengan lancar melalui internet, tentu memerlukan koneksi yang baik. Jika teman-teman di kota, tentu akan mudah memilih provider mana yang terbaik. Namun, jika di kampung seperti saya, teman-teman bisa coba-coba mana kartu provider yang paling baik sinyalnya. Jika memilih menggunakan internet kabel, pilih paket yang menurut teman-teman worth to money.

Laptop. Jika ingin bekerja secara online, teman-teman 99% tidak akan lepas dari laptop atau komputer. Karena, semua pekerjaan nantinya akan dikerjakan melalui laptop. Mungkin sebagian pekerjaan bisa juga menggunakan ponsel. Namun, sebagian besar pekerjaan akan memanfaatkan laptop nantinya. Saya juga menyarankan, pilihlah komputer atau laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Misal laptop dengan prosesor core i5 ke atas, dan generasi terbaru. Atau jika belum mampu membelinya, teman-teman bisa mengganti harddisk teman-teman dengan SSD karena memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat, serta naikkan RAM komputer atau laptop teman-teman.

Smartphone. Selain laptop, smartphone juga akan sangat berguna bagi teman-teman. Smartphone akan membuat teman-teman selalu up-to-date dengan email teman-teman, maupun aplikasi penunjang pekerjaan teman-teman. Karena smartphone adalah perangkat yang dapat teman-teman bawa kemana-mana.

Monitor. Beberapa pekerjaan mungkin memerlukan monitor yang lebar untuk mempermudah pekerjaan teman-teman. Jika teman-teman menggunakan komputer, tentu ini sudah termasuk di dalamnya. Jika menggunakan laptop, teman-teman bisa menggunakan monitor tambahan untuk mempermudah pekerjaan teman-teman. Saya sarankan, pilihlah monitor yang lebar dan beresolusi tinggi untuk kenyamanan dan kemudahan teman-teman, contohnya monitor gaming.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Pen tablet. Bagi beberapa desainer grafis atau animator, mungkin alat ini sangat membantu untuk menggambar.

Mouse. Jika teman-teman menggunakan komputer, tentu alat ini sudah termasuk. Tapi, jika teman-teman menggunakan laptop, menggunakan mouse jauh lebih membantu untuk kemudahan menggerakkan kursor. Menurut saya, mouse terbaik adalah mouse yang pas di genggaman, tidak terlalu kecil, tidak terlalu tipis, dan tidak terlalu ringan.

Keyboard. Keyboard juga bisa menjadi alat yang sangat membantu teman-teman dalam bekerja secara online. Pilihlah keyboard yang ketika ditekan tidak berat atau seret.

Kamera atau web kamera. Alat ini sangat berguna bagi teman-teman yang membutuhkan panggilan video dalam bekerja. Jika memerlukan kamera untuk panggilan video, kalau bisa, teman-teman gunakanlah kamera atau web kamera dengan resolusi tinggi.

Selain untuk panggilan video, kamera juga bermanfaat bagi teman-teman yang memilih pekerjaan fotografi dan videografi.

Scanner. Jika teman-teman tidak memiliki pen tablet untuk menggambar, atau tidak nyaman menggunakan pen tablet, teman-teman bisa menggambar sketsa di kertas lalu discan ke komputer. Namu, jika tidak memiliki scanner, teman-teman juga bisa menggunakan kamera atau kamera smartphone dan memindahkannya ke komputer.

Selain beberapa peralatan di atas, ada juga yang lain yang perlu disiapkan.

Rekening Bank dengan kartu VISA atau mastercard, atau kartu kredit. Kartu ini sangat bermanfaat untuk teman-teman, misalnya untuk menerima pembayaran, membeli barang atau produk digital online yang dibutuhkan. Saya menyarankan teman-teman menggunakan kartu debet Jenius dari Bank BTPN. Kartu ini bersifat seperti kartu kredit dan bisa digunakan untuk verifikasi PayPal. Pembuatan rekeningnya juga mudah. InsyaAllah saya akan buatkan langkah-langkahnya di artikel berikutnya.

Akun PayPal. Beberapa penyedia pekerjaan online akan melakukan pembayaran melalui rekening internasional. Salah satunya yang terkenal adalah PayPal.

Akun Payoneer. Selain PayPal, ada pula penyedia pekerjaan online memberikan pembayarannya melalui Payoneer. Menurut saya, lebih mudah menggunakan Payoneer dalam penarikan dana. Namun, masing-masing memiliki pendapat sendiri ya.

Kemudian adalah software penunjang pekerjaan teman-teman. Misalnya teman-teman memilih desain grafis, bisa menggunakan Inkscape, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, atau CorelDRAW. Semua tergantung kebutuhan teman-teman masing-masing. Tapi saya tekankan, GUNAKAN SOFTWARE ORIGINAL. Beli lisensinya secara resmi. Jika elum mampu, GUNAKAN SOFTWARE OPENSOURCE, misal sebagai pengganti Adobe Illustrator dan CorelDRAW teman-teman bisa menggunakan Inkscape. Begitupun software lainnya.

Baca Juga: Software Desain Grafis Lisensi Gratis Alternatif Corel dan Illustrator

Yang terakhir adalah rasa selalu bersyukur dan Qanaah, merasa cukup dengan yang sedikit. Jadi, berapapun yang kita dapat, sekecil apapun yang kita dapat, kita merasa cukup. Bahkan jika dapat yang besar pun kita akan merasa cukup. Jika tidak bisa mensyukuri yang sedikit, kita tidak akan mampu mensyukuri yang banyak dan akan selalu merasa kurang.

Penutup

Itu tadi pembahasan saya mengenai Apa saja yang diperlukan untuk memulai kerja online dari rumah. Mungkin, teman-teman memiliki kebutuhan lain yang belum saya sebutkan, itu menyesuaikan kebutuhan teman-teman. Semua di atas adalah kebutuhan secara umum yang mungkin diperlukan, serta semua keperluan yang saya gunakan selama bekerja secara online.

Jangan lupa baca artikel saya lainnya tentang bekerja dari rumah, tips dan trik, serta tutorial yang insyaAllah bermanfaat, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post