Cara Memasang Script Anti Copy Paste di Blog dan Redirect ke Halaman Lain, Anti CTRL U, Anti CTRL C, Anti Klik Kanan

Assalamu’alaikum, pada kesempatan ini, saya akan membagikan tips dan script anti copas dan plagiarisme, seperti anti klik kanan, anti CTRL C, dan anti CTRL U untuk blog teman-teman. Tujuannya adalah untuk mengamankan tulisan di blog teman-teman agar tidak mudah disalin tanpa izin dan di posting di website orang lain tanpa seizin teman-teman sebagai pemilik blog.

Blog yang terindikasi plaagiat akan terkena “sentilan” dari google dan akan diturunkan peringkatnya dari mesin pencari. Karena, Google lebih menginginkan konten yang unik dari sebuah blog. Bahkan, konten plagiat juga akan mempersulit teman-teman untuk mendaftarkan blog ke AdSense. Oleh karena itu, mengamankan konten blog teman-teman juga salah satu hal yang penting, meski tidak wajib.

script-anti-copas-plagiat
Script Anti Copy Paste di Blog

Ada beberapa cara orang melakukan copy paste artikel dari blog lain keblog mereka. Di antaranya dengan memblok artikel dan melakukan klik kanan untuk mencopy, menggunakan CTRL C, maupun menggunakan CTRL U. Lalu, apa saja sih maksud dari perintah-perintah itu dalam menyalin konten blog?

Daftar Isi

Fungsi Klik Kanan

Klik kanan dalam komputer tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Hampir semua, bahkan semua, pengguna komputer atau laptop pasti pernah melakukan klik kanan. Klik kanan berguna untuk memberikan menu tambahan untuk melakukan perintah tertentu. Dalam hal copy paste artikel blog, tentu saja kita semua sudah tahu bahwa ada menu “copy” di klik kanan, terutama ketika kita sudah memblok atau menyeleksi tulisan yang akan disalin.

Tentu saja hal ini akan merugikan bagi pemilik konten yang asli jika tulisan tersebut diplagiat di website lainnya. Oleh karena itu, perlu pengaman khusus agar orang tidak dengan mudah dapat melakukan klik kanan-copy di blog kita.

Fungsi CTRL+C

Sama halnya dengan penggunaan klik kanan, teman-teman pengguna komputer tentu sudah tahu fungsi dari pintasan ini. Hampir setiap hari orang menggunakan pintasan ini untuk mempermudah aktivitasnya di komputer. Ini adalah pintasan untuk melakukan copy atau menyalin, atau sama juga dengan pintasan dari klik kanan-copy. Ruginya untuk blog kita? Ya tentu sudah tahu ya, sudah saya beri penjelasan sebelumnya.

Fungsi CTRL+U di Web Browser

Mungkin penggunaan CTRL U di Web Browser agak jarang di kalangan masyarakat pada umumnya. CTRL+U di sini bukanlah perintah yang digunakan dalam pengolahan kata seperti Microsoft Word untuk membuat teks menjadi garis bawah (underline) ya. Jika kita melakukan CTRL U di halaman website yang sedang kita buka di web browser, kita akan membuka View Page Source atau source code dari website tersebut. Ini akan menjadi celah bagi sebuah blog untuk diplagiat.

Misalnya begini, jika sebuah blog sudah diproteksi dengan script CTRL C dan klik kanan saja, orang tetap akan bisa melakukan aktivitas copy paste melalui source code ini. Karena, di source code halaman ini akan tampil juga artikel yang sedang aktif dalam halaman tersebut saat itu. Orang akan bisa mengcopynya dari sana. Untuk itu, pintasan CTRL U di web browser ini juga agak perlu kita lindungi.

Memasang Script Anti Plagiat di Blog

Itu tadi beberapa celah yang mungkin bisa dilakukan orang untuk melakukan aktivitas plagiarisme dari blog teman-teman. Di sini, saya akan memberikan script ala AwResume untuk menutup celah tersebut agar blog teman-teman aman dari aktivitas plagiarisme orang-orang tidak bertanggung jawab.

Pertama, teman-teman login ke Blogger terlebih dahulu.

Kedua, masuk ke menu Theme (Tema) di sebelah kanan, lalu di sebelah tombol Customize, klik panah kecil ke bawah dan pilih Edit HTML.

script-anti-copy-paste
Buka Menu Theme

script-anti-copy-paste
Buka Edit HTML

Ketiga, cari kode </body> di kode HTML template blog teman-teman, biasanya ada di paling bawah. Atau, teman-teman bisa arahkan dan klik kursor di kotak kode HTML yang ada. Kemudian, tekan CTRL + F untuk melakukan pencarian, lalu tuliskan </body> dan tekan Enter.

Keempat, salin kode di bawah ini dan tempelkan tepat di atas kode </body> tadi.

Ganti kata BLOGKAMU.COM dengan halaman blog teman-teman yang ingin jadi tujuan redirect.

Kelima, simpan template teman-teman dengan mengklik tombol bergambar disket di kanan atas editor HTML.

Keenam, silahkan muat ulang blog teman-teman dan lihat hasilnya

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara memasang script anti plagiarisme di blog. Semoga dengan tutorial yan singkat ini, teman-teman bisa terbantu dalam mengamankan konten blog teman-teman.

Jangan lupa share jika teman-teman rasa artikel ini bermanfaat dan orang lain harus tahu. Baca juga artikel lainnya, hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post