Apa Yang Saya Lakukan Setelah Diterima AdSense – Cara Mengatur dan Memblokir Iklan AdSense Tertentu

Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan menceritakan apa yang saya lakukan setelah blog saya , AwResume ini, diterima AdSense serta Cara Mengatur dan Memblokir Iklan AdSense Tertentu. Sebelumnya, saya sudah menuliskan pengalaman saya diterima AdSense. Jika teman-teman belum membacanya, teman-teman bisa membacanya di sini.

BACA JUGA: Pengalaman Mendaftar AdSense dan Diterima

Cara Memblokir Kategori Iklan Tertentu di AdSense

Umumnya, setelah bisa diterima AdSense, orang akan langsung mengatur unit iklan yang akan ditampilkan di Blog mereka, begitupun saya.

Daftar isi

Membuat Unit Iklan

Karena saya sudah excited atau senang sekali akhirnya bisa diterima AdSense, mulailah saya melakukan pengaturan-pengaturan iklan. Petama kali, saya melihat-lihat terlebih dahulu macam-macam unit iklan yang ada di AdSense dan berusaha mempelajarinya terlebih dahulu, baik melalui situs Help Google atau website orang di internet. Tujuan saya melakukannya adalah untuk mengetahui fungsi dari masing-masing unit iklan yang disediakan oleh Google AdSense, sehingga kita dapat memilih unit iklan yang tepat untuk blog kita.

Setelah beberapa saat membaca, saya meutuskan untuk mencoba unit iklan otomatis dan unit iklan responsif untuk sidebar blog.

Apa saja yang ada di Unit iklan otomatis?

Mengatur Iklan Otomatis AdSense

Awalnya, saya belum tahu apa saja dan di mana saja unit iklan otomatis ditempatkan. Akhirnya, saya mencoba untuk memasangnya. Unit klan otomatis ini juga bermanfat bagi teman-teman yang tidak ingin ribet mencari tempat memasang iklan, Google akan mencarikan tempat yang pas. Ternyata, unit iklan otomatis yang tampil di antaranya iklan di tengah-tengah postingan, iklan anchor atas di mobile, serta iklan vignet ketika kita akan beralih ke halaman lain. Posisi ini cukup baik menurut saya, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan iklan otomatis ini.

Membuat Unit iklan display untuk sidebar

Selanjunya, saya memilih unit iklan display untuk sidebar blog sebagai pilihan kedua. Saya rasa, ini sudah cukup. Karena jika terlalu banya, bisa jadi menyebabkan loading blog kita menjadi lebih lambat.

Uji Coba Beberapa Hari

Setelah memutuskan unit iklan yang cocok untuk blog, saatnya untuk saya memulai uji coba unit iklan. Yang ingin saya tes adalah pendapatan dalam beberapa hari pertama, serta topik iklan apa saja yang menyumbang iklan dan bayaran di blog AwResume ini. Hal ini penting saya lakukan untuk melakukan poin ketiga yang nanti akan saya sampaikan.

BACA JUGA: Cara Menampilkan Tombol AdSense di Tab Penghasilan Blogger

Setelah sekitar seminggu, ternyata pendapatan AdSense AwResume masih sangat kecil dengan bayaran per klik yang juga tidak seberapa. Paling besar CPC atau biaya per kliknya hanya sekitar 2 ribuan rupiah saja. Akan tetapi, bagi saya itu bukanlah suatu masalah, karena saya belum menjadi Full-time Blogger. Itulah gambaran penghasilan blogger pemula yang baru diterima AdSene dengan blog yang masih seumur jagung.

Setelah itu, saya mulai masuk ke bagian “Kontrol Pemblokiran”. Nah di sini saya melakukan hal yang mungkin jarang penayang lain lakukan.

Memfilter Iklan yang Ditampilkan

Sebagai seorang penayang iklan di AdSense, tentu saja kita dibayar untuk penayangan iklan per seribu tayangan atau per klik iklan. Uang yang kita terima adalah uang dari pengiklan yang kita bagi hasi dengan Google. Di sini, saya menyadari bahwa saya tidak bisa seterusnya mengontrol iklan yang tayang di Blog saya.

Saya seorang Muslim, saya paham kalau bisa jadi ada unit iklan yang “melanggar Syariat” yang mungkin akan tampil di blog saya tanpa bisa saya ontrol. Karena, iklan yang tampi berdasarkan kebiasaan pembaca blog saya.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir iklan yang tayang tidak sesuai Syariat Islam, agama saya, serta mengusahakan penghasilan saya tidak berasal dari pengiklan barang yang diharamkan, saya melakukan pemblokiran beberapa kategori iklan.

Membuka Pemblokiran kategori umum

Letak pemblokiran kategori umum di halaman AdSense adalah sebagai berikut

  • Login AdSense
  • Setelah login, di menu sidebar kanan, pilih Kontrol pemblokiran
  • Lalu cari Kategori umum, buka tautan di bawahnya yang bertuliskan “Kelola Kategori umum”
  • Di sini teman-teman bisa melakukan pemblokiran kategori iklan

Kategori utama yang masuk dalam list pemblokiran bagi saya di antaranya:

  • Perbankan, karena membantu mengiklankan RIBA
  • Asuransi, alasan RIBA juga
  • Permainan atau game Kasino dan Gambling atau yang mendekati pada judi
  • Alkohol
  • Rokok
  • Musik dan alat musik
  • Pakaian dalam, karena mungkin terkesposnya aurat besar
  • Iklan dari agama lain (maaf)
  • Iklan kecantikan
  • Iklan dengan materi dewasa

Memblokir kategori iklan tertentu

Itu kategori-kategori sensitif syariat yang saya usahakan untuk tidak tampil. Insyaallah, dengan kita tahu mana halal dan haram, serta kita ada niat dan Usaha untuk bisa menghindarinya, penghasilan kita di AdSense ini bisa menjadi lebih berkah.

Dari beberapa kategori iklan di atas, beberapa ternyata juga menyumbangkan pendapatan. Oleh karenanya, saya segera blokir kategori-kategori tersebut sebagai salah satu usaha mencari keberkahan dalam penghasilan dan tidak mengiklankan yang haram.

Mungkin, hal ini tidak terlalu dipikirkan oleh banyak penayang iklan, karena yang dipikirkan kebanyakan adalah hasilnya saja. Oleh sebab itu, semoga tulisan saya ini bisa membuka pikiran teman-teman sesama muslim terutama ketika ber-AdSense ria.

Jika teman-teman menemukan iklan seperti kategori yang saya sebutkan di atas, bisa laporkan pada saya melalui halaman Kontak. Saya juga melakukan peninjauan iklan yang tayang di blog secara berkala untuk menentukan iklan yang pantas tayang di blog ini.

BACA JUGA: Kesalahan Umum Blogger Pemula

Apakah ada pengaruh terhadap penghasilan?

Sampai saat ini, belum ada pengaruh signifikan pemblokiran ketegori ini terhadap penghasilan AdSense karena saya sudah melakukannya sejak awal.

Intinya, kita berusaha untuk meminialisir kemudhorotan.

Penutup

Demikianlah artikel tentang yang saya lakukan setelah diterima AdSense. Masing-masing orang berhak menentukan jalannya sendiri dan berhak berpendapat. Jika ada teman-teman yang tidak setuju dengan saya, tidak masalah, saya terima. Saya di sini hanya menyampaikan dan berusaha memberi gambaran yang insyaallah bermanfaat bagi pembaca dan kawan-kawan Blogger lainnya.

Semoga kita senantiasa diberi kelancaran dan kemudahan rezeki, kesehatan, dan ampunan oleh Allah subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.

Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post