Pengalaman Mendaftar AdSense dan Cara Agar Blog Cepat Diterima AdSense

Assalamu’alaikum, Selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan menceritakan pengalaman mendaftar dan cara diterima AdSense blog AwResume ini. Tentu saja ini jadi cerita yang menarik, mengingat rata-rata tujuan Blogger adalah untuk bisa diterima AdSense. Semoga, pengalaman saya bersama AwResume ini bisa memberikan informasi bagi teman-teman serta ilmu baru bagi teman-teman, terutama yang ingin berkecimpung di dunia AdSense dan Blog.

Pengalaman Daftar AdSense

Daftar Isi

Apa itu AdSense

Di sini, saya hanya akan memberikan penjelasan singkat tentang apa itu AdSense. Karena, saya yakin sudah banyak yang tahu apa itu AdSense dan bagaimana cara kerjanya.

Jadi, AdSense adalah salah satu produk dari Google, di mana pemilik sebuah website diberikan kesempatan untuk menempatkan iklan dari Google di website mereka dan menghasilkan uang. Iklan yang ditampikan adalah iklan-iklan dari para advertiser Google yang mendaftarkan Google Ads. Lalu, pemilik website di sini akan menjadi Publisher.

Pemilik website yang sudah menampilkan AdSense akan menerima uang yang berasal dari:

Klik iklan. Iklan yang di klik menjadi salah satu sumber penghasilan AdSense yang paling besar. Namun, masing-masing negara memiliki nilai bayaran per klik yang berbeda-beda. Umumnya, nilai bayaran per klik iklan AdSense Indonesia lebih kecil dibandingkan nilai bayaran per klik ikan luar negeri, seperti negara-negara Eropa dan Amerika.

Penghasilan per seribu tayangan. Selain penghasilan dari iklan yang diklik, penayang iklan juga dibayar dari per seribu tayangan iklan. Nilai bayaran per seribu tayangan biasanya lebih kecil bila dibandingkan dengan bayaran dari klik iklan.

Uang yang diterima penayang berasal dari bagi hasil dengan Google dari advertiser. Jadi, bukan berarti Google membayar kita sepenuhnya karena menampilkan iklan, tapi kita mendapatkan sebagian bayaran dari advertiser. Atau dengan kata lain, web atau blog kita “disewa” untuk menayangkan iklan dari advertiser.

Sampai sini sudah paham kan?

Apakah mudah untuk diterima menjadi penayang iklan AdSense?

Jawabannya, bisa iya, bisa tidak.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi sebuah blog layak untuk diterima sebagai penayang iklan AdSense atau tidak. Namun, saya rasa tidak ada kriteria yang jelas bagaimana sebuah website bisa diterima sebagai penayang iklan AdSense. Karena, berdasarkan pengalaman orang, ada yang dapat diterima dengan mudah, ada yang perlu berbulan-bulan baru bisa diterima. Untuk kriteria website yang diterima AdSense, akan saya tuliskan di artikel berikutnya.

Pengalaman AwResume Mendaftar AdSense Pertama

AwResume berdiri belum lama saat tulisan ini saya tulis, yaitu sekitar bulan Mei 2021. Saat itu, saya benar-benar memulai blog ini dari awal, mendaftar blog dari awal dan membeli domain fresh yang mungkin belum pernah dipakai orang, sehingga semua score Authority nya masih satu dan belum ada backlink sama sekali. Saya memilih platform Blogger karena Gratis dan tidak terbatas storage dan bandwidth. Saya menggunakan template premium agar bisa menggunakan credit sendiri di bagian bawah, serta membeli custom domain Top Level Domain yang populer, yaitu dot com.

BACA JUGA: Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru 2021

Saya membeli domain ini di Domainesia, karena setelah saya banding-bandingkan dengan penyedia domain lain, Domainesia memberikan harga yang paling murah. Jika teman-teman tertarik, teman-teman bisa Daftar di sini dan mendapatkan diskon dari AwResume untuk pembelian Hosting dengan memasukkan kupon (Asik buat yang mau daftar Wordpress nih).

BACA JUGA: Cara Custom Domain Blog di Domainesia

Oh, ya, sebenarnya saya sudah membeli domain ini sejak Maret 2021 dan tujuannya bukan untuk membuat blog ini, namun untuk membuat sebuah bisnis jual desain Resume atau CV. Akan tetapi, karena tidak juga saya wujudkan, akhirnya saya putuskan memanfaatkan domain yang sudah “terlanjur” saya beli ini untuk membangun sebuah blog dari awal. Itulah mengapa nama blog ini AwResume.

Pertama kali mulai di bulan Mei, saya bertekad untuk menulis dua sampai tiga postingan per hari setiap hari dengan panjang minimum 600 kata. Saya mulai dengan apa yang dekat dengan saya terlebih dahulu, seperti pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain. Karena, kita harus menjadi sebaik-baik manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain, seperti kata Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam. Komitmen saya menulis saya teruskan di sela-sela pekerjaan saya yang lainnya karena saya belum pernah diterima AdSense sebelumnya, tapi kelau pengalaman menulis blog sudah sejak 11 tahun lalu, namun kebanyakan akhirnya terbengkalai.

Saat itu, saya pernah membaca-baca di internet kalau mau diterima AdSense harus 20 artikel minimal. Ketika saya mulai menyentuh kurang lebih 20 artikel, saya coba “paksakan” untuk mendaftar AdSense.

Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel Cara Mengatasi Malas Menulis KetikaMemulai Membangun Blog, akan ada rasa malas dan jenuh ketika kita membaksakan untuk banyak menulis di awal-awal membangun Blog. Itulah yang juga terjadi kepada saya, sehingga saya menulis artikel tersebut sebagai pengingat dan motivasi pribadi juga.

Setelah sekitar sepekan akhirnya saya mendapatkan Email dari Google AdSense yang isinya seperti ini

Email AdSense Pertama

Ya, blog saya ditolak. Awalnya saya tidak masalah karena saya juga menyadari bahwa saya hanya mengetes dan mencoba apakah sudah bisa diterima AdSense atau belum, bahkan pengunjungnya juga masih sangat sedikit, mungkin bisa dihitung jari per harinya.

Saat itu saya belum menyerah dan berniat untuk mendaftarkan kembali beberapa hari kemudian.

Dalam email tersebut, tertulis saya harus meninjau halaman “Site” di website Google AdSense. Di sana tertulis masalah yang saya hadapi adalah:

  • Low Value Content
  • Under Construction

Maaf saya tidak sempat menscreenshotnya karena sudah berubah ketika sudah diterima.

Awalnya saya pikir untuk yang Under Construction tidak masalah karena saya masih kadan mengedit template, modifikasi widget, dan lain-lain. Namun, untuk alasan Low Quality Content saya masih bingung mencari masalahnya (solusinya saya tulis di akhir artikel ini). Karena, yang pertama, artikel saya cukup panjang dan tentunya unik karena saya menulis semua sendiri bahkan tanpa referensi yang banyak dari website lain, lalu kemudian navigasi di blog saya juga lengkap, sudah ada Kebijakan Privasi, Tentang, Kontak, seperti itu. Jadi, saat itu saya belum bisa menentukan masalahnya.

Pengalaman mendaftar AdSense kedua

Setelah beberapa hari saya coba daftarkan lagi blog saya ke AdSense. Seperti sebelumnya, setelah hampir sepekan, akhirnya Google Adsense mengirimkan Email lagi yang isinya seperti ini

Email AdSense Kedua

Ya, saya ditolak lagi untuk kedua kalinya. Pertama saya buka Email ini, saya masih wajar karena mungkin saya masih “memaksakan” AwResume untuk didaftarkan. Namun, saya hanya ingin mencari tahu penyebabnya. Akhrinya saya cek ke halaman Google AdSense. Bedanya, kesalahan atau Error yang saat ini saya terima hanya

  • Low Value Content

Mulai di sini saya coba mancari tahu apakah yang dimaksud Low Value Content. Karena jawanban-jawaban orang yang bertebaran di internet tidak ada yang memuaskan saya, akhirnya saya coba cari masalahnya sendiri. Setelah saya cek baik itu apakah ada link rusak, halaman tidak lengkap, artikel atau halaman yang tulisannya sedikit, atau yang lainnya, ternyata tidak ada masalah sama sekali. Dari sini saya mulai heran, karena saya pikir, Low Value Content berati nilai konten rendah, mungkin tulisannya kurang atau ada halaman yang tulisannya sedikit. Tapi, setelah saya cek semua aman-aman saja.

Mulai saat itu, saya cukup putus asa.

Keesokan harinya saya coba untuk mengumpulkan semangat menulis lagi memperbanyak artikel di AwResume. Namun, pada akhirnya semangat saya luntur hanya karena ditolak AdSense dua kali dengan Blog masih seumur jagung, haha.

Sebenarnya alasan saya, saya pikir kurang profitable dibandingkan kerjaan saya. Sehingga, akhirnya saya “telantarkan” AwResume dengan hanya meninggalkan 32 artikel saja.

Trafik Meningkat

Setelah artikel terakhir saya, hampir tiga bulan lamanya saya tidak mengecek AwResume sama sekali karena sudah bosan. Saya pikir, ah, mungkin masih gitu-gitu aja, apalagi udah ditinggal dua setengah bulan, paling juga menurun.

Ternyata, apa yang saya pikirkan salah.

Trafik Blog ini meningkat meski sudah sempat ditelantarkan

Saya iseng membuka Google Search Console dan mendapati bahwa trafik AwResume terus meningkat dengan jumlah impresi dan klik yang meningkat. Posisi artikel pun banyak yang menempati halaman pertama, bahkan banyak juga yang menempati posisi pertama di Google Search. Seketika mood saya cukup membaik saat itu, tapi belum ada niat untuk menulis.

Akhirnya, saya iseng untuk mengajukan AdSense kembali AwResume tanpa menambah artikel sama sekali.

Pengalaman Mendaftar AdSense Ketiga

Setelah mendaftarkan AdSense yang terakhir, saya lama tidak membuka AwResume lagi selama hampir satu bulan, sama sekali lupa. Karena saya pikir tidak mungkin untuk diterima lagi, apalagi sudah lama tidak saya buka. Saya teringat hanya karena tidak sengaja saat membuka Email, ternyata ada Email dari Google AdSense yang sudah dikirim sejak pertengahan Agustus, lebih dari dua pekan. Isi Emailnya seperti di bawah ini

Email diterima AdSense

Tidak disangka, ternya AwResume diterima untuk menampilkan iklan AdSense. Alhamdulillah.

Setelah lama terbengkalai, akhirnya AwResume, terutama saya, bisa merasakan yang namanya menampilkan iklan AdSense.

Dari itu saya kembali menganalisa, apa masalahnya sebenarnya kenapa sebelumnya tidak diterima dan mendapat error “Low Value Content”. Akhirnya, saya mendapatkan jawaban mengapa terjadi error tersebut dari pengalamnan pribadi saya.

Error “Low Value Content” bisa berarti trafik blog kita masih rendah, terutama trafik organik atau trafik yang berasal dari pencarian Google. Selain itu, artikel di blog kita belum dibaca banyak orang. Itu yang menyebabkan kualitas konten kita masih rendah.

Setelah semua siap, saya mulai untuk menyiapkan iklan AdSense di blog ini. Teman-teman bisa baca artikel lainnya tentang Apa yang Pertama Saya Lakukan Setelah Diterima AdSense.

Penutup

Demikianlah cerita pengalaman saya diterima AdSense dengan blog AwResume ini. Memang cukup panjang, namun saya harap, tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca yang masih harap-harap cemas blognya diterima atau tidak.

Terima kasih supportnya kepada teman-teman dan terima kasih sudah membaca.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post