Cara Daftar Shopee Food Merchant Tanpa NPWP update Terbaru

Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara mendaftar Shopee Food Merchan tanpa NPWP terbaru yang sudah update. Sebelum itu, saya harap teman-teman baca artikel ini sampai habis agar tidak terjadi salah paham tentang judul dan isi artikel ini.

Cara Daftar Shopee Food Merchant Terbaru

Sebelumnya, saya pernah memposting artikel tentang Cara Daftar Shopee Food Merchant secara Online beberapa waktu yang lalu. Namun, setelah baru-baru ini saya cek lagi untuk memastikan artikel AwResume selalu up to date, ternyata link yang saya berikan sudah tidak bisa untuk mendaftar (di artikel sudah saya ganti kok). Shopee mulai membuat form sendiri yang lebih proper dibandingkan sebelumnya yang hanya menggunakan Google Form yang terkesan kurang profesional.

Lalu, apakah syarat-syaratnya berubah juga?

Simak tulisan saya berdasarkan pengalaman saya mencoba daftar di link baru berikut ini

Daftar Isi

Perbedaan Form Lama dengan Form Baru

Seperti yang sudah saya sampaikan, pihak Shopee telah memperbarui link dan form pendaftaran Shopee Food merchant mereka. Kali ini, mereka menggabungkan pendaftaran Shopee Food Merchant dengan Shopee Pay merchant menjadi satu form pendaftaran. Mungkin, hal ini dilakukan Shopee untuk membuat form mereka lebih baik bila dibandingkandengan sebelumnya yang menggunakan Google Form, serta mempermudah pengurusan administrasi mereka bagi pendaftar Shopee Pay dan Shopee Food merchant, ini hanya asumsi saya.

Terlepas dari itu, tentu saja isi form dan persyaratan awal untuk mengisi form sedikit berubah. Ya, hanya sedikit memang.

Kalau di Form sebelumnya, kita diminta mengisi hingga sebelas halaman Form. Namun, di formulir pendaftaran yang baru, kita hanya diminta mengisi satu halaman saja.

Cara Daftar Shopee Food Terbaru

Selanjutnya, bagaimanakah cara mendaftar Shopee Food Merchat saat ini dan apa saya yang harus dipersiapkan pertama kali?

Sebelum mulai mengisi form, pastikan teman-teman menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Nama Merchant. pastikan teman-teman sudah memiliki nama usaha kuliner teman-teman.
  • Nama Pemilik. Nama pemilik merchant yang akan didaftarkan
  • Email aktif. Biasanya berguna untuk menerima notifikasi terbaru terkait Shopee Food
  • Nomor Telepon
  • Alamat lengkap merchant
  • Foto tampak depan merchant, untuk membuktikan bahwa usaha tersebut benar-benar ada.

Setelah teman-teman yakin semua persyaratan mengisi form awal sudah lengkap, teman-teman bisa mulai mengisi form terbaru pendaftaran Shopee Food yang bisa teman-teman akses di LINK INI.

Form Pendaftaran Shopee Food Merchant

Setelah teman-teman selesai mengisi, teman-teman bisa kirim form tersebut. Kemudian, akan muncul halaman berikutnya seperti ini

Form Terkirim

Apakah Tanpa NPWP?

Pengalaman mengisi formulir pendaftaran yang lama sebelumnya, ada halaman yang memberi tahu kita untuk menyiapkan beberapa berkas tentang perpajakan, misal NPWP, Surat Izin Usaha, SPPKP, dan sebagainya. Semua berkas tersebut dituliskan dalam salah satu halaman dan akan diserahkan ketika pihak Shopee telah menerima pendaftaran kita dan menghubungi kita untuk melakukan verifikasi.

Akan tetapi, dalam form terbaru yang diterbitkan Shopee, tidak dituliskan berkas apa saja yang harus dipersiapkan berikutnya. Setelah mengisi form, terdapat tulisan

“Terima kasih, formulir berhasil dikirimkan. Mohon Menunggu 3x24 jam. Tim terkait akan memberikan konfirmasi melalui email”

Berarti, tim Shopee akan memberikan konfirmasinya setelah tiga hari untuk mengetahui apa saja berkas berikutnya yang harus disiapkan.

Untuk kepastiannya apakah menggunakan NPWP atau tidak, saya sangat memohon maaf bahwa saya belum tahu karena saya belum menerima konfirmasi berikutnya apakah pendaftaran saya ditolak atau diterima.

Saya menuliskan judul ini tanpa NPWP sebagai syarat awal dalam mengisi formulir, karena di formulir tidak meminta kita mengunggah NPWP atau belum meminta kita menyiapkan NPWP.

Saya tahu, bagi usaha kecil atau rumahan, menggunakan NPWP mungkin akan merepotkan, tidak seperti halnya restoran yang sudah tetap dan besar. Namun, tidak ada salahnya jika teman-teman juga menyiapkan berkas tersebut untuk mendaftarkan Shopee Food. Atau, jika tidak, teman-teman bisa menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Shopee tentang berkas verifikasi selanjutnya dan bisa bertanya kepada Call Center Shopee apakah memungkinkan untuk mendaftar Shopee Food tanpa NPWP dan SPPKP dikarenakan usaha teman-teman hanya usaha kuliner kecil atau rumahan. Itu solusi yang bisa saya tawarkan.

Jika teman-teman harus membuat SPPKP untuk mendaftar Shopee Food, tenang, saya sudah membuatkan langkah-langkahnya berikut ini:

BACA JUGA: Cara Membuat SPPKP Shopee Food

Penutup

Terima kasih telah mambaca tulisan saya tentang Cara Mendaftar Shopee Food terbaru. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang hendak mendaftarkan usaha teman-teman ke Shopee Food.

Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menjalanan usaha mupun pekerjaan kita. Aamiin.

4 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

  1. Banh mau tanya itu file yang didownloud tuh harus di print dulu atau gimana?

    ReplyDelete
  2. Saya ngirim ko ga bisa mulu knapa ya

    ReplyDelete
  3. saya sudah lebih dari 3x24 jam tapi belum ada kabar, knapa ya.?

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post