Cara Mendaftar Account Workplace

Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Kali ini, saya akan membahas tentang Cara Mendaftar akun Workplace saat bekerja di Appen. Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya Ketika diterima kerja di suatu proyek di Appen dan harus menggunakan platform Workplace. Saya yakin, teman-teman yang membaca tuisan ini sedang mengalami kebingungan dalam mendaftarkan diri di SRT.

Cara Daftar Akun SRT

Dalam tulisan ini, saya hanya akan memberi gambaran garis besarnya saja, tapi inyaAllah saya usahakan jelas dan dapat dipahami oleh teman-teman, karena mengingat privasi yang perlu di jaga dalam pekerjaan ini.

Daftar Isi

Apa itu SRT?

SRT adalah suatu platform di mana para pekerja suatu proyek evaluator melakukan pekerjaannya. Dengan kata lain, job yang akan dikerjakan oleh para pekerja kontraktor independen akan dikerjakan di platform SRT ini. SRT sendiri adalah sebuah website workplace yang dibuat oleh Facebook. Jadi, pekerjaan yang dilakukan di SRT ini merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial Facebook. Di sini, kita akan dimasukkan oleh proyek manager kita ke dalam grup pekerjaan atau proyek tertentu sebelum bisa mengerjakan berbagai pekerjaan yang harus kita kerjakan, sesuai dari perusahaan mana kita terdaftar sebagai kontraktor independent, missal dari Appen atau Lionbridge. Ya, pekerja dari kedua penyedia lowongan kontraktor independen ini menggunakan satu platform yang sama Ketika menangani proyek dari Facebook.

Sebenarnya ada platform lainnya yang biasa digunakan oleh pekerja kontraktor independen, contohnya UHRS. Namun, itu akan saya bahas di artikel lainnya nanti, karena saya juga bekerja di platform UHRS dan SRT juga.

Sebenarnya, website SRT Worklace ini mirip sekali dalamnya dengan sebuah website sosial media, misalnya facebook. Kita bisa mengedit profil, menulis status, tapi, untuk bekerja, semua itu tidaklah penting. Namun, perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua orang bisa mengakses platform SRT ini. Hanya mereka yang diundang dan terdaftar sebagai pekerja saja yang bisa mendaftar dan mengakses SRT ini. Untuk itu, teman-teman bisa langsung mendaftar Appen sekarang juga untuk bisa merasakan serunya bekerja menggunakan SRT.

Baca Juga: Pengalaman Satu Tahun Bekerja di Appen

Cara Mendaftar SRT

Sebelum saya mulai menuliskan cara mendaftar SRT, pastikan teman-teman memang bekerja sebagai kontraktor independen dan telah pasti diterima untuk mengerjakan sebuah proyek yang menggunakan SRT. Misalnya teman-teman terdaftar di Appen, namun baru mendaftar suatu proyek saja dan belum ada pemberitahuan diterima, teman-teman belum bisa mendaftarkan diri di website SRT.

Langkah-langkah pendaftaran SRT adalah sebagai berikut.

Pertama, ketika teman-teman dinyatakan diterima dalam sebuah proyek pekerjaan yang nantinya akan menggunakan platform SRT, teman-teman baca terlebih dahulu dengan detail Email yang dikirimkan kepada teman-teman tentang proyek tersebut. Baca dengan teliti tentang Email SRT yang akan digunakan untuk masuk ke SRT, link untuk mengakses pekerjaan, apa yang boleh dan tidak boleh teman-teman lakukan, serta tentang pembayaran gaji dan waktu kerja (yang saya cetak tebal adalah hal yang penting untuk mengerjakan pekerjaan teman-teman nantinya). Penting juga bagi teman-teman untuk bisa menyesuaikan jam kerja teman-teman di SRT dengan jam di Indonesia. Nanti akan saya beri tips cara menyesuaikan jam kerjanya di akhir tulisan ini. Jadi, baca sampai selesai ya.

Sekali lagi, pastikan teman-teman sudah membaca dan menyimpan Alamat Email SRT teman-teman yang ada di Email tersebut, karena alamat Email tersebut akan digunakan untuk mendaftar SRT nantinya.

Kedua, selalu cek Email teman-teman, baik itu Kotak Masuk maupun Spam, karena Email dari SRT sering kali masuk ke folder Spam. Pastikan teman-teman menerima Email undangan dari SRT. Contohnya di bawah ini.

Undangan daftar SRT

Biasanya Email undangan mendaftar SRT akan terpisah dari Email pemberitahuan dari proyek (pada poin pertama), serta, jarak waktu pengiriman Emailnya juga tidak bisa diprediksi. Ada yang dikirimkan bersamaan waktunya dengan email dari proyek, ada yang tidak. Jadi, teman-teman harus selalu cek Email teman-teman untuk memastikan Email seperti di atas telah masuk.

BACA JUGA: Cara Mendaftar Kerja di UHRS

Ketiga, jika teman-teman sudah menerima Email tersebut, silahkan klik Join Team.

Keempat, setelah mengeklik tombol yang ada di Email, teman-teman akan diarahkan ke halaman SRT, silahkan lakukan pendaftaran menggunakan Email SRT yang ada dalam email pemberitahuan dari proyek (pada poin pertama).

Kelima, setelah selesai mendaftar, teman-teman akan diminta memasukkan kode aktivasi )Activation code). Kode tersebut ada di Email terpisah juga yang biasanya masuk ke Folder Spam di email teman-teman. Silahkan cek folder Spam untuk mendapatkan kode aktivasi yang diminta. Jika tidak ada di Spam, cek juga kotak masuk biasa. Jika teman-teman tidak juga menemukannya, teman-teman bisa menunggu beberapa jam atau esok hari untuk mendaftarkannya. Mungkin saja Emailnya tidak dikirim bersamaan. Selalu cek Email teman-teman ya.

Kode Aktivasi SRT

Keenam, setelah semua selesai, teman-teman akan menuju ke halaman beranda SRT Workplace. Namun, halaman ini sebebarnya tidak terlalu berguna. Untuk bisa mengerjakan pekerjaan, teman-teman akan menggunakan Link untuk mengakses pekerjaan yang ada di Email pemberitahuan proyek sebelumnya (yang saya jelaskan di poin pertama).

Ketujuh, silahkan mengakses Link kerja tadi untuk mempelajari bagian dalamnya. Selamat, teman-teman sudah bisa memulai bekerja sesuai ketentuan proyek yang teman-teman kerjakan.

Baca Juga: Pengalaman Mendaftar di Appen

Tips Mengatur Waktu Kerja di SRT

Setiap proyek memiliki hari kerjanya masing-masing serta jam kerjanya masing-masing. Namun, umumnya jam kerja yang digunakan adalah Pacific Time UTC -8. Ketika dikonversi ke Waktu Indonesia Barat (UTC +7), maka pukul 12 malam di US/Pacific Time adalah pukul 14.00 WIB. Ini perlu dicatat oleh teman-teman agar tidak terjadi kebingungan teman-teman di faktur gaji. Dengan kata lain, hari dimulai pada jam 14.00 WIB. Tentu ini berguna agar teman-teman bisa mengatur jam istirahat teman-teman.

Berikut saya berikan Tabel Waktu Pacific Time (UTC -8) ke Waktu Indonesia Barat (UTC +7) atau konversi waktu PST ke WIB.

PST

WIB

00.00

14.00

01.00

15.00

02.00

16.00

03.00

17.00

04.00

18.00

05.00

19.00

06.00

20.00

07.00

21.00

PST

WIB

08.00

22.00

09.00

23.00

10.00

00.00

11.00

01.00

12.00

02.00

13.00

03.00

14.00

04.00

15.00

05.00

PST

WIB

16.00

06.00

17.00

07.00

18.00

08.00

19.00

09.00

20.00

10.00

21.00

11.00

22.00

12.00

23.00

13.00

 Untuk tips, saya merekomendasikan teman-teman untuk bekerja malam sebelum tidur, missal 19.00 sampai 22.00 WIB, kemudian dilanjutkan esok paginya, menyesuaikan jadwal teman-teman dan jam pekerjaan yang diminta oleh proyek. Mengerjakan Sebagian di hari sebelumnya bisa mengurangi beban teman-teman di hari berikutnya, itu juga tergantung dengan ketersedian pekerjaan ya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Appen

Penutup

Demikianlah tulisan saya tentang Cara Mendaftar SRT di Appen. Semoga artikel ini bermanfat bagi teman-teman. Terima kasih sudah membaca, semoga kita semua diberi kemudahan dan kelancaran dalam mencari nafkah di manapun kita berada. Aamiin.

1 Comments

Berkomentarlah dengan sopan

  1. Mas , saya sdh lolos di proyek SME tp hampir 2 minggu sya tidak mndapatkan email join SRT
    Sementara sy di email "knp kok belum memulai pkrjaan saya?"
    lalu sy jlskn bhwa sy mmg blm mnrima Email Join SRT.
    sy sdh cek seluruh folder dan bnr2 tidak ada email dr mereka.
    Ketika sy komplen , mereka memberitahu bahwa sdhbmengirim email join srt brkali2. tp tidak pernah msuk di akun sy .

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post