Pengertian UHRS, serta Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di UHRS

Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang UHRS, mulai dari Apa itu UHRS, Pengertian UHRS, serta Kelebihan dan Kekurangan UHRS yang saya rasakan selama bekerja menggunakan platform ini.

Pekerjaan online mungkin sudah menjadi incaran bagi banyak orang akhir-akhir ini, terutama di masa pandemi Covid-19 yang menuntut kita bisa mencari penghasilan meskipun hanya dengan berada di Rumah. Seperti pembahasan postingan-postingan saya sebelumnya, bahwa ada salah satu pekerjaan yang bisa teman-teman lakukan untuk mencari uang dari rumah, yaitu menjadi seorang Search Engine Evaluator. Salah satu platform yang digunakan seseorang dalam mengevaluasi sebuah Search Engine atau mesin pencari adalah UHRS.

Pengertian UHRS, Kelebihan dan Kekurangan UHRS
Pengertian UHRS, Kelebihan dan Kekurangan UHRS

Lalu, apakah sebenarnya UHRS itu? Seperti apa cara kerjanya? Silahkan teman-teman simak sedikit penjelasan saya berikut ini.

Daftar Isi

Mengenal UHRS

Apa itu UHRS?

UHRS singkatan dari Universal Human Relevance System. UHRS adalah sebuah platform untuk melakukan pekerjaan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian sebuah mesin pencari. Nah, UHRS ini sebenarnya adalah platform milik salah satu mesin pencari besar di dunia, yaitu Bing dari Microsoft. SIngkatnya, orang yang berkesempatan kerja menggunakan platform ini tujuannya adalah untuk membantu Bing memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi para penggunanya dengan kita membantu mengevaluasinya, singkatnya seperti itu.

Lalu, kenapa saya bilang “berkesempatan”?

Karena, tidak semua orang bsa langsung mendaftarkan diri di website UHRS untuk bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan di sana. Calon pekerja harus terlebih dahulu mendaftar dan terdaftar pada beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan pihak UHRS untuk menyediakan kesempatan bekerja dengan platform UHRS.

Jadi, UHRS sama dengan Workplace dari Facebook, yang sebelumnya sudah saya bahas di artikel Cara Daftar SRT, di mana tidak semua orang bisa langsung dengan mudah bekerja dengan platform tersebut. Silahkan baca artikel tersebut, ya.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

Tampilan Homepage UHRS

Cara Kerja di UHRS

Saya akan menjelaskan tentang bagaimana pengalaman bekerja di UHRS. Jadi, ketika teman-teman sudah diberikan akses untuk bisa bekerja dengan UHRS, teman-teman akan diminta untuk login dengan akun Microsoft yang sebelumnya sudah terhubung dengan UHRS.

Oh, ya, untuk mendaftar ke UHRS, teman-teman bisa baca tulisan saya tentang Cara Mendaftar kerja di UHRS.

Lanjut lagi, setelah berhasil masuk, teman-teman akan melihat beberapa daftar pekerjaan yang bisa teman-teman kerjakan, atau biasa disebut dengan Hitapps. Mohon maaf saya tidak bisa menampilkan bagian dalam websitenya dikarenakan privasi.

Pekerjaan-pekerjaan ini merupakan pekerjaan kecil yang bernilai beragam, bergantung pada hitapps yang ada. Mungkin nilainya tergolong kecil. Akan tetapi, jika teman-teman telaten mengerjakannya, teman-teman bisa mencapai lebih dari 10 dollar per jamnya. Pengalaman saya, saya bisa mendapatkan 10 sampai 20 dollar per jam, terutama jika ada bonus jika pekerjaan kita bagus.

Penghasilan dari UHRS tadi nantinya akan dikirimkan pada penyedia pekerjaan kita tadi untuk bisa dilakukan pembayaran setiap bulannya.

Berikut ini contoh penghasilan saya yang saya dapatkan ketika bekerja di UHRS dalam sebulan. Sebenarnya tidak genap sebulan penuh, karena saya masih memiliki pekerjaan lainnya di luar UHRS.

Gaji Kerja di UHRS

Di bawah ini, bukti pembayaran dari salah satu perusahaan penghubung pekerja dengan UHRS, Teemwork.ai, ke rekening Payoneer saya yang langsung ditransfer ke Bank Lokal saya.

Pembayaran dari UHRS

Kelebihan Bekerja di UHRS

Mungkin teman-teman sudah bisa menangkap dari gambar sebelumnya dan gambaran yang sudah saya berikan. Yang bisa saya rangkum, kelebihan dari bekerja di platform UHRS ini adalah sebagai berikut.

Pembayaran pasti. Tentu saja, karena UHRS adalah milik perusahaan raksasa dunia, tentu tidak akan melakukan penipuan dengan tidak membayar pekerjanya. Alhamdulillah, selama ini, pembayaran dari pekerjaan saya di UHRS lancar dan tidak ada kendala sama sekali.

Jam kerja fleksibel. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa saya tidak bekerja sebulan penuh karena adanya pekerjaan lain di luar UHRS. Artinya, teman-teman tidak terikat jam kerja dan tempat kerja untuk bisa mengerjakan tugas-tugas di UHRS.

Pekerjaan sangat mudah. Sebenarnya tidak terlalu mudah semuanya. Namun, beberapa pekerjaan sangat mudah dilakukan, yang penting memiliki pengetahuan bahasa ingris dasar yang cukup. Jika teman-teman beruntung memilih hitapps yang mudah, bayaran besar per tugasnya, dan banyak pekerjaannya, maka teman-teman beruntung bisa mendapatkan uang lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat.

Bisa dikerjakan di mana saja, namun harus tetap menjaga privasi pekerjaan. Ya, pekerjaan ini bisa teman-teman kerjakan di mana saja, asalkan tetap dalam negara di mana teman-teman pertama kali mendaftar, yaitu Indonesia. Selain itu, teman-teman juga harus menjaga privasi ketika bekerja di luar rumah. Hindari menggunakan WiFi publik, teman-teman bisa menggunakan WiFi dati smartphone pribadi, dan jangan menunjukkan pekerjaan pada siapapu. Carilah tempat yang tenang dan aman.

Ada bonus. Beberapa pekerjaan memberikan bonus untuk setiap pekerjaan yang dianggap paling baik. Jika pekerjaan teman-teman hampir semuanya baik dalam satu hitapps tersebut, bonus yang akan diterima akan besar juga. Namun, tidak semua hitapps memiliki bonus, ya. Teman-teman harap baca terlebih dahulu ketentuan masing-masing hitapps.

BACA JUGA: Kelebihan dan kekurang Bekerja di Appen

Kekurangan Bekerja dengan UHRS

Selain kelebihan-kelebihan tadi, saya juga merasakan beberapa kekurangan selama bekerja di URS ini, yang mungkin bisa jadi pertimbangan teman-teman.

Ketersediaan pekerjaan. Ketersediaan pekerjaan atau hitapps menjadi salah satu concern yang menurut saya cukup berpengaruh. Ketersediaan tersebut meliputi jumlah pekerjaan yang ditawarkan, serta pekerjaan yang cocok bagi kita. Karena mungkin beberapa pekerjaan tidak cocok bagi kita karena sulit untuk dipahami. Untuk ketersediaan jumlah pekerjaan, umumnya akan dialami oleh teman-teman yang baru saja memulai kerja di UHRS. Biasanya, orang yang pertama kali masuk UHRS akan mendapati hitapps nya kosong, atau hanya sedikit. Namun, teman-teman harus rutin mengecek ketersediaan hitapps. Ketika menemukan pekerjaan muncul, langsung coba. Ketika sudah beberapa hari bekerja, pekerjaan akan mulai muncul lebih banyak.

Bayaran per hitapps sangat kecil. Maaf saya tidak bisa memberikan kisarannya di sini, namun intinya sangat kecil. Sedikit gambaran saja, bayaran per hitapps paling besar menurut pengalaman saya kalau dirupiahkan tidak sampai 5000 rupiah per pekerjaan, itu paling banyak dan tidak banyak hitapps yang seperti itu dan munculnya hitapps tersebut tidak setiap hari ada dalam sebulan. Meskipun jika kita mengerjakan banyak pekerjaan kita akan mendapatkan lebih banyak, ini akan menimbulkan kekurangan berikutnya.

Kita akan merasa terforsir untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Karena bayaran yang cukup kecil setiap pekerjaannya membuat kita harus bekerja dengan ekstra untuk mendapatkan uang yang lebih. Jika tidak kerja, ya tidak dibayar. Sedikit terdengar seperti “perbudakan” kecil, tapi ya namanya bekerja harus kita niatkan dengan ikhlas. Apalagi kita sudah diberi kesempatan bekerja dari mana saja dan kapan saja kita bisa.

Membosankan. Ya, sebenarnya bekerja dengan cara seperti ini membuat saya jenuh. Namun, saya yakin semua pekerjaan akan memiliki titik jenuhnya masing-masing, jadi hal ini bisa dimaklumi. Jika teman-teman mengalami jenuh, teman-teman bisa berhenti sejenak dan melakukan jalan-jalan kecil di sekitar rumah, melakukan stretching, dan menghirup udara segar sebelum melanjutkan bekerja.

Pekerjaan kadang ada, kadang tidak. Hal ini menyebabkan teman-teman mungkin tidak setiap hari mendapatkan penghasilan yang stabil. Oleh karena itu, ketika menemukan pekerjaan yang cocok dan bayaran yang oke, teman-teman jangan sia-siakan, kerjakan saat itu juga semaksimal waktu yang bisa teman-teman alokasikan.

Beberapa hitapps memiliki tes di awal sebelum bisa mengerjakannya. Tentu penyedia pekerjaan tidak ingin mendapatkan hasil kerja yang asal-asalan. Jadi, saya memaklumi adanya tes ini. Namun, dengan adanya tes ini, pekerjaan yang bisa kita dapatkan mungkin tidak banyak.

Kita mungkin akan disuspend sementara secara tiba-tiba oleh sebuah hitapps jika akurasi pekerjaan kita tidak mencapai target. Masing-masing hitapps memiliki minimal akurasi, namun sayangnya, minimal akurasi yang diharuskan tidak dijelaskan dengan detail. Selain itu, ketika mulai bekerja, kesalahan kita tidak dijelaskan di mana saja, sehingga tiba-tiba kita bisa saja disuspend dari suatu hitapps. Namun, itu saya maklumi, karena akurasi tentunya didapat setelah mereka malakukan audit dari pekerjaan kita. Dengan kata lain, kita kerja dulu baru mereka evaluasi ulang.

BACA JUGA: 15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Penutup

Demikianlah tadi sedikit penjelasan saya tentang Apa itu UHRS beserta kelebihan dan kekurangan UHRS. Semoga, tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang akan bekerja menggunakan platform UHRS ini, serta bisa menjadikan pertimbangan bagi teman-teman untuk mengatur strategi bekerja di sini.

Terima kasih sudah membaca. Silahkan share jika bermanfaat.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post