Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Freelancer dari Rumah - Assalamu’alaikum, selamat datang di AwResume. Di artikel kali ini, saya akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan menjadi seorang freelancer atau pekerja paruh waktu dari rumah secara daring (online). Pekerjaan ini termasuk juga pekerjaan sebagai independent contractor dan blogger. Mengenai apa itu independent contractor, saya jelaskan di artikel lainnya.

Jenis pekerjaan ini yang saya geluti saat ini untuk menyambung hidup bersama keluarga. Alhamdulillah bisa mencukupi kebutuhan, meskipun kadang hasilnya tidak menentu.

Daftar Isi

Bekerja sebagai seorang freelancer di internet tentu akan mengalami suka duka tersendiri. Setiap orang akan merasakan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bergantung keadaan orang tersebut. Bereda dengan pekerjaan tetap, pekerjaan ini cenderung memiliki pendapatan yang tidak pasti, bergantung keadaan saat itu. Tetapi, tidak dipungkiri juga, pekerjaan freelance juga bisa menjadi pekerjaan tetap bagi teman-teman, atau menjadi sumber penghasilan utama teman-teman. Untuk jenis pekerjaan freelance apa saja yang bisa teman-teman kerjakan, nanti akan saya jelaskan di artikel lainnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah

kelebihan dan kekurangan jadi freelancer
Ilustrasi Freelancer

Kelebihan Pekerjaan Freelance dari Rumah

Sama seperti penjelasan di artikel sebelumnya, tentang pekerjaan tetap dari rumah, menjadi seorang freelancer dari rumah juga memiliki kelebihan yang relatif sama. Kelebihan tersebut di antaranya:

Seorang freelancer juga tidak memerlukan biaya bensin untuk pulang-pergi kerja. Tentu hal ini menguntungkan bagi kita freelancer untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Pekerjaan freelance tentu dilakukan di rumah, sehingga bisa lebih dekat dengan keluarga, bisa juga ditemani istri (Jadi istri tidak was-was suaminya membelok, hehe).

Beberapa pekerjaan akan memberikan penghasilan yang besar, namun juga bergantung keahlian dan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Teman-teman juga dapat mendekorasi kantor sendiri senyaman teman-teman. Seperti yang telah dijelaskan di artikel Keleihan dan Kekurangan Bekerja dari Rumah, karena pekerjaan dilakukan di rumah, tentu teman-teman membutuhkan keadaan ruang kerja yang nyaman. Jadi, teman-teman bisa mendekorasi ruang kerja sesuka hati, sesuai kebutuhan.

Pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pekerjaan freelance dan independent contractor keanyakan tidak memiliki kontrak waktu kerja. Hal ini berarti teman-teman bisa mengatur waktu kerja teman-teman sendir. Tapi jangan lupa deadline klien ya.

Relatif lebih mudah dan bisa dipelajari otodidak. Pekerjaan menjadi freelancer begitu banyak macamnya. Hampir semua pekerjaan itu bisa dipelajari sendiri secara otodidak oleh teman-teman. Misalnya saja desain grafis, sudah banyak artikel dan video tentang tutorial desain grafis yang dapat teman-teman pelajari sebagai bekal bekerja sebagai freelancer.

Itu tadi beberapa kelebihan umum bekerja sebagai seorang freelancer. Namun, tentu teman-teman juga perlu mempertimbangkan kekurangannya yaa.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Rumah

Kekurangan Pekerjaan Freelance dari Rumah

Kekurangan menjadi seorang freelancer juga hampir sama seperti seorang pekerja tetap dari rumah. Kekurangannya bisa saya simpulkan sebagai berikut:

Tetap harus menyisihkan biaya langganan internet atau membeli kuota. Namun mungkin kuota internet yang terpakai tidak sebesar pekerja tetap karena tidak perlu anyak meeting, bahkan tidak sama sekali. Cukup lewat chat.

Bagi desainer grafis, memutuhkan biaya ekstra untuk berlangganan desain maupun font, begitu juga software yang digunakan, karena tidak dicover perusahaan. Berlaku juga bagi freelancer editor video. Biar berkah teman-teman dalam mencari uang, jangan pakai software bajakan atau menyalin desain atau pekerjaan orang ya. Di artikel lain, saya akan menjelaskan memulai desain grafis dengan gratis, tanpa biaya software dan tanpa software bajakan.

Sama-sama bisa jadi omongan tetangga, serta hati-hati kena tuduhan ngepet dan tuyul juga. Hehehe.

Bisa juga cenderung kurang sosialisasi. Oleh karena itu, jangan lupa tetap bersosialisasi dengan tetangga sekitar, jangan jadikan pekerjaan teman-teman sebab teman-teman menjadi antisosial.

Seorang freelancer juga mungkin kurang tidur malam. Beberapa pekerjaan freelance aktif di malam hari, karena mencari pelanggan atau client dari luar negeri, perlu menyesuaikan zona waktu mereka.

Penghasilan tidak tetap. Kadang banyak kadang sedikit. Tapi, bagi teman-teman yang tekun, pandai bersyukur, dan memiliki sifat Qanaah (merasa cukup dengan yang sedikit), insyaAllah tetap merasa cukup ketika sedang tidak sesuai yang diharapkan. Yang penting, jangan menyerah dan putus asa.

Overtime. Kelebihan waktu kerja. Karena pekerjaan atau pesanan dari klien yang menumpuk, bisa saja teman-teman bekerja dari jam kerja orang normal yakni delapan jam per hari. Teman-teman bisa saja bekerja lebih dari 12 jam. Jangan lupa jaga kesehatan ya, serta tetap luangkan waktu untuk keluarga.

Berdasarkan kekurangan-kekurangan tersebut, teman-teman juga bisa menyiasatinya agar teman-teman dapat bekerja dengan nyaman.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kerja Tetap di Rumah

Penutup

Demikian Kelebihan dan Kekurangan Seagai Freelancer dari Rumah, semoga dapat menjadi pertimbangan teman-teman untuk mempersiapkan diri jika ingin terjun di pekerjaan freelance ini. Saya juga akan membagikan pekerjaan-pekerjaan freelance dan independent contractor apasaja yang bisa teman-teman lakukan dari rumah di artikel-artikel berikutnya.

Jangan lupa baca juga Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Tetap dari Rumah dan juga Kelebihan dan Kekurangan Berjualan secara Daring dari Rumah.

Baca artikel lainnya tentang pekerjaan, tips, dan trik bekerja dari rumah hanya di AwResume.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Previous Post Next Post